Penyusunan RKPD Tahun 2022, Pemkab Kobar Gelar Forum Gabungan Perangkat Daerah

Kepala Bappeda, Amir Hadi menyampaikan laporan dan paparan pada Forum Gabungan Perangkat Daerah Kabupaten Kotawaringin Barat Tahun Anggaran 2022 di Aula Bappeda pada Kamis (18/3). (humas bappeda)

MMC Kobar - Pemerintah Daerah Kabupaten (Pemkab) Kotawaringin Barat (Kobar) melalui Bappeda meyelenggarakan Forum Gabungan Perangkat Daerah dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2022 yang dilaksanakan di Aula Bappeda secara langsung dan virtual, Kamis (18/3).

Forum Lintas Perangkat daerah yang dibuka dan dipimpin langsung oleh Bupati Kobar ini dihadiri Ketua DPRD, Sekda, BPS serta seluruh SOPD di lingkungan Pemkab Kobar.

(Baca Juga : Plt Kadispora Kobar Beri Materi Diklat Paskibra)

Sesuai Permendagri Nomor 86 Tahun 2017, Forum Perangkat Daerah merupakan forum sinkronisasi pelaksanaan urusan pemerintah daerah dalam merumuskan program dan kegiatan sesuai dengan tugas dan fungsi perangkat daerah provinsi dan kabupaten/kota yang dihadiri oleh pemangku kepentingan yang terkait dengan tugas dan fungsi perangkat daerah.

Pembahasan dengan pemangku kepentingan bertujuan untuk mendapatkan saran dan masukan dari seluruh stakeholder, terhadap rancangan awal RKPD, serta memastikan kesesuaian rancangan awal Renja Perangkat Daerah dengan rancangan awal RKPD dan target-target dalam dokumen RPJMD. Dan tahapan Pembahasan dan verifikasi ini dilakukan dalam bentuk desk pada tgl 18-22 Maret 2021 bertempat di Kantor Bappeda Kobar.

Tema Rancangan RKPD Tahun 2022 adalah ‘Pemulihan Stabilisasi Kemandirian Perekonomian Daerah Melalui Penurunan Kesenjangan dan Peningkatan IPM Kobar’. Dipilihnya tema ini adalah berdasarkan evaluasi capaian RPJMD dan Issue Strategis Nasional dan Issue Strategis Daerah yang perlu mendapat perhatian kita semua sebagai sebuah tahapan atau proses yang berkelanjutan dalam masa perwujudan RPJMD 2017-2022.

“Ada 5 prioritas pembangunan daerah yang menjadi target dan fokus kita bersama di tahun 2022. Oleh karena itu pada RKPD 2022 yang dihadiri oleh SOPD dan pihak terkait mampu mengawal dan mempertajam integrasi program prioritas yang mendukung pencapaian indikator RPJMD,” papar Kepala Bappeda Amir Hadi.

Kelima prioritas tersebut, lanjut Amir, yakni penguatan ketahanan ekonomi daerah melalui peningkatan produktivitas sektor unggulan, optimalisasi pelayanan dasar publik, pemenuhan infrastruktur dasar penunjang aksessibilitas, perekonomian, dan mitigasi bencana, peningkatan kemudahan berusaha dalam rangka pengembangan industri berbasis kerakyatan dan industri kreatif, meningkatkan kondusifitas lingkungan yang aman dan tertib, akselerasi transformasi digital dalam tata kelola pemerintahan .

“Kelima prioritas pembangunan Kabupaten Kobar ini dibagi kedalam 192 Program, 555 Kegiatan yang mendukung tema atau prioritas RKPD 2022,” pungkas Amir. (bappeda kobar)