Penilaian Verifikasi Lapangan Kampung KB Tingkat Provinsi Kalteng di Desa Sungai Melawen

Tim Penilai Verifikasi Lapangan Kampung KB Provinsi Kalimantan Tengan didampingi oleh Tim Dinas P3AP2KB Kobar disambut meriah saat berkunjung ke Desa Sungai Melawen pada (10/3)

MMC Kobar – Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) bersama Perwakilan BKKBN Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) melakukan Penilaian Verifikasi Lapangan Kampung Keluarga Berkualitas (Kampung KB) Tingkat Provinsi Kalteng.

Penilaian kali ini dilaksanakan di Desa Sungai Melawen Kecamatan Pangkalan Lada pada Jumat (10/3).

(Baca Juga : Pangkalan Bun Terima Piala Adipura yang Ke Duabelas Kalinya)

Kepala Dinas P3AP2KB Kabupaten Kobar Agus Basrawiyanta dalam sambutannya menyampaikan, lomba kampung KB rutin dilaksanakan setiap tahun agar desa yang ada di Kabupaten Kobar dapat berkembang, berkualitas, dan makin sejahtera.

“Proses Penilaian ini bertujuan untuk memetakan kualitas Kampung Keluarga Berkualitas, serta melakukan pembinaan secara menyeluruh dan serentak. Sehingga dapat meningkatkan kualifikasi Kampung Keluarga Berkualitas menjadi mandiri dan berkelanjutan," tutur Agus Basra.

Kepala Dinas P3AP2KB Kabupaten Kotawaringin Barat sedang memberikan sambutan pada kegiatan enilaian Verifikasi Lapangan Kampung Keluarga Berkualitas Melawen Sejahtera di Desa Sungai Melawen Kecamatan Pangkalan Lada pada Jumat (10/3)

Beliau mengaku optimis, bahwa Kampung Keluarga Berkualitas Melawen Sejahtera  akan menjadi yang terbaik se Kalimantan Tengah.”

Sememntara itu, Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Kalimantan Tengah melalui Ketua Tim Penilai Verifikasi Lapangan Kampung KB M.Fitriyanto Leksono menyampaikan, verifikasi lapangan ini dilakukan untuk mencari bukti apa yang sudah disampaikan melalui profil dengan keadaan di lapangan dan juga kendala yang dialami dalam pengelolaan kampung KB.

“Saya berharap dengan adanya program Kampung Keluarga Berkualitas dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat di tingkat  desa melalui program KKBPK serta pembangunan sektor lain dalam rangka mewujudkan kekuarga kecil berkualitas,” ujar Fitriyanto. 

Program Pembangunan Keluarga, Kependudukan, dan Keluarga Berencana (Bangga Kencana) merupakan program BKKBN untuk mewujudkan Keluarga Berkualitas. Kampung KB dibentuk untuk meningkatkan kesejahteraan, perekonomian, mengurangi angka buta huruf, mengendalikan jumlah penduduk melalui sinergitas program-program pembangunan keluarga berencana dan program lain yang dikelola dari, oleh dan untuk masyarakat. (dp3ap2kb-kobar)