Pengukuhan Bunda PAUD Desa/Kelurahan dan Pokja PAUD Kecamatan

Bunda PAUD Kabupaten Kobar Mina Irawati Ahmadi Riansyah (tengah), Camat Arsel, Bunda PAUD Kecamatan dan Kades, serta Bunda PAUD Desa/Kelurahan.

MMC Kobar - Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) berperan penting dalam pengembangan sumber daya manusia yang berkualitas. Dalam rangka memaksimalkan tercapainya tumbuh kembang anak diperlukan suatu wadah untuk memberikan layanan PAUD yang berkualitas.

Bunda PAUD dipandang sebagai salah satu pemangku kepentingan yang memiliki peran strategis dalam menciptakan layanan PAUD berkualitas. Tugas Bunda PAUD adalah berperan aktif dalam pengembangan program PAUD di wilayahnya sesuai dengan tingkatannya.

(Baca Juga : Pakar Komunikasi: Mengkritik Boleh, Menuduh Pidana)

Kecamatan Arut Selatan (Arsel) merupakan kecamatan ke-4 di Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) yang telah melaksanakan pengukuhan Bunda PAUD Desa/Kelurahan dan Pokja PAUD Kecamatan. Bunda PAUD Desa/Kelurahan memiliki tanggung jawab untuk meningkatkan kecerdasan dan pengetahuan serta pendidikan yang berkualitas pada anak usia dini di desa dan kelurahan masing-masing.

Kegiatan pengukuhan Bunda PAUD Desa/Kelurahan dan Pokja PAUD Kecamatan dilaksanakan pada Jumat (05/02) di aula kantor Kecamatan Arsel. Pengukuhan dihadiri langsung oleh Bunda PAUD Kabupaten Kotawaringin Barat, Mina Irawati Ahmadi Riansyah dan juga diikuti oleh Bunda PAUD Kecamatan, Bunda PAUD Desa/Kelurahan se Kecamatan Arsel serta Lurah dan Kepala Desa se Kecamatan Arsel ikut berpartisipasi menghadiri kegiatan tersebut.  

Mina Irawati Ahmadi Riansyah pada saat pengukuhan menyampaikan agar mendata PAUD yang belum ada izin operasionalnya dan siap bekerjasama dengan Dikbud bidang PAUD agar semua PAUD yang ada di Kabupaten Kobar maju dan berkualitas dengan memiliki hak yang sama yaitu ijin operasional sehingga bisa mendapatkan bantuan dari pemerintah.

“Diharapkan PAUD di desa dan kelurahan bisa maju dan berkualitas serta PAUD yang ada di seluruh desa dan kelurahan memiliki izin operasional sehingga bisa mendapat bantuan dari pemerintah,” ujar Mina Irawati.

Pada kesempatan itu pula Bunda PAUD Kecamatan Arsel, Sri Wahyuni Ramlan menyampaikan agar semua pihak mendukung demi terwujudnya PAUD berkualitas dan maju.

“Mohon dukungan dari semua pihak, demi terwujudnya PAUD berkualitas, dan semoga Allah SWT senantiasa memberikan kekuatan, semangat serta keikhlasan dalam mendedikasikan diri guna mendukung terciptanya gerakan PAUD berkualitas di Kecamatan Arsel Kabupaten Kotawaringin Barat,” ujar Sri Wahyuni. (kec-arsel)