Penanganan Pasca Kebakaran Pemukiman Warga di Kelurahan Sidorejo

MMC Kobar - Bupati Kotawaringin Barat (Kobar) Hj Nurhidayah bersama rombongan memberikan  bantuan pada korban kebakaran pemukiman warga di Kelurahan Sidorejo RT 26 dan RT 07 pada Senin (30/7). Bantuan berupa bahan pangan dan sandang itu dimotori oleh BPBD, Dinas Sosial, Kecamatan Arut Selatan dan Kelurahan Sidorejo.

Pada saat itu, Hj Nurhidayah juga menyampaikan keprihatinan atas musibah kebakaran yang menimpa Bapak Haji Muin, Warga RT 07 Kelurahan Sidorejo pada Sabtu sore (28/7). Bupati menjelaskan bahwa tali asih yang disampaikan ini berupa peralatan dapur, seragam sekolah dan pakaian layak pakai. Hal yang sama juga disampaikan kepada korban kebakaran di Gang Rambutan RT 26 Kelurahan Sidorejo.

(Baca Juga : Ekonomi Kreatif Andalan Kobar di Kalteng Quality Expo)

Sehari sebelumnya, Minggu (29/7), Bupati menggelar rapat koordinasi pasca bencana yang dihadiri oleh Camat Arut Selatan Syahrudin, Kepala BPBD Hermon F Lion, Lurah Sidorejo Yuda, Direktur PDAM Tirta Arut Sapriansyah dan Kepala Dinas Sosial Gusti Nuraini di Kantor Kecamatan Arut Selatan. Pada rapat itu Bupati mengatakan bahwa bantuan tali asih yang diberikan nanti juga mencakup bantuan pembangunan kembali rumah yang rusak, dimana besarannya sesuai dengan aturan perundangan yang berlaku.

Selain itu, dalam rapat tesebut Bupati pun menyampaikan perlunya surat edaran mengenai peringatan kebakaran pemukiman bagi masyarakat terutama di daerah rawan dan padat penduduk serta meningkatkan peran dan kerjasama masyarakat dengan TNI/Polri beserta kelurahan/desa untuk mempersiapkan segala sesuatunya menyambut datangnya musim kemarau. (BPBD)