Pemkab Kobar Terima Hibah Kendaraan Operasional Persampahan dari KLHK

Bupati Kobar bersama Kasi Penanganan didampingi oleh Wakil Bupati, Wakil Ketua II DPRD Kobar, Sekda dan Kadis DLH Kobar berfoto bersama di salah satu unit kendaraan operasional persampahan yang diserahterimakan pada Jumat (28/02). Foto: dok DLH Kobar

MMC Kobar - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) menerima hibah 5 unit kendaraan roda 3 dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI (KLHK) melalui Direktorat Jenderal PSLB3 pada Jumat (28/02).

Serah terima kendaraan operasional ini berlangsung di halaman Kantor Bupati Kobar bertepatan dengan puncak peringatan Hari Peduli Sampah Nasional Tahun 2020. 

(Baca Juga : Tekan Penyebaran PMK, BPBD dan DPKH Sterilkan Kandang Ternak di Kobar)

Dalam serah terima tersebut, KLHK  diwakili oleh Kasi Penanganan Sub Direktorat Sarana dan Prasarana Heny Puspita Rokhwani dan langsung diserahkan kepada Bupati Kobar Hj. Nurhidayah. Selanjutnya Bupati menyerahkan kepada dinas terkait dalam hal ini DLH Kobar untuk dikelola.

Kepala DLH Kobar, Bambang Djatmiko Trikora mengatakan bahwa kelima kendaraan ini nantinya akan digunakan sebagai armada pengangkut sampah yang akan dikelola oleh bidang PSLB3. "Kendaraan ini akan digunakan sebagai kendaraan operasional pasukan kuning di lapangan", tutur Bambang. 

Secara teknis Kabid PSLB3 M. Robiannor menambahkan, bahwa kendaraan roda tiga yang diberikan ini bisa digunakan untuk pengangkutan sampah yang telah dikumpulkan masyarakat langsung diangkut ke lokasi TPS3R terdekat, sehingga sampah yang sudah diangkut bisa  dilakukan penyortiran di lokasi TPS3R.

"Harapan kami dengan adanya bantuan hibah kendaraan roda 3 ini dapat segera menanggulangi permasalahan sampah di lingkungan yang tidak terjangkau armada besar, sekaligus membangun kesadaran masyarakat dalam menjaga kebersihan, memfasilitasi masyarakat umum serta mewujudkan peran pemerintah daerah dalam rangka pengelolaan sampah berbasis masyarakat", tandas Robi usai serah terima hibah. (riyan/karlan08)