Pemkab Kobar Selenggarakan Orientasi Perencanaan dan Evaluasi Kinerja Pembangunan di Lombok NTB

Pj Bupati Kobar Anang Dirjo saat menyampaikan sambutannya pada kegiatan Orientasi Perencanaan dan Evaluasi Kinerja Pembangunan Kabupaten Kobar di obby Holiday Resort, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), Rabu (25/1).

MMC Kobar – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kotawaringin Barat menyelenggarakan kegiatan Orientasi Perencanaan dan Evaluasi Kinerja Pembangunan di Lobby Holiday Resort, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), Rabu (25/1).

Bekerja sama dengan Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Malang, kegiatan ini digelar selama 3 hari mulai tanggal 25-27 Januari 2023 dan dibuka langsung oleh Pj Bupati Kobar.

(Baca Juga : Tingkatkan Kapasitas SDM, Pemkab Kobar Sambut IMANI)

Plt Kepala Bappedalitbang Kobar Juni Gultom dalam laporannya menyampaikan, kegiatan ini bertujuan untuk mewujudkan keselarasan tahapan kegiatan penyusunan dokumen RPJPD Kabupaten Kobar Tahun 2025-2045 dan dokumen RKPD Tahun 2024 dengan melihat hasil evaluasi kinerja Pemkab Kobar Tahun 2022.

“Untuk itu, perlu dilakukan orientasi perencanaan dan pendampingan dalam rangka identifikasi rumusan permasalahan pembangunan/isu strategis daerah jangka panjang dan evaluasi kinerja pembangunan daerah,” terang Juni Gultom.

(foto bersama) - Pj Bupati Kobar Anang Dirjo, Ketua DPRD M, Rusdi Gozali, Plt. Bappedalitbang Juni Gultom, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Akhmad Yadi, Asisten Administrasi Umum Syahrudin, perwakilan dari Universitas Brawijaya Malang dan seluruh kepala OPD dan peserta orientasi.

Pj Bupati Anang Dirjo dalam sambutannya mengatakan, perencanaan pembangunan daerah memiliki fungsi yang sangat penting dan strategis. Karena perencanaan pembangunan daerah merupakan proses  untuk menentukan masa depan suatu daerah, dengan mempertimbangkan potensi dan sumber daya manusia yang dimiliki.

“Seperti kita pahami bersama bahwa dokumen perencanaan pembangunan disusun dengan beberapa tahapan. Karenanya pada kesempatan kali ini dalam rangka mewujudkan keselarasan terhadap tahapan dimaksud, kita berkumpul disini bersinergi untuk mengidentifikasi rumusan permasalahan pembangunan/isu strategis daerah jangka panjang dan evaluasi kinerja pembangunan daerah,” kata Anang Dirjo.

Pj Bupati berharap setelah mengikuti kegiatan ini semua pemangku kepentingan memiliki persepsi, pemahaman dan pandangan yang sama terhadap arah kebijakan dan prioritas pebangunan Kabupaten Kotawaringin Barat tahun 2024.

Kegiatan ini turut dihadiri Ketua DPRD Kobar Muhammad Rusdi Gozali, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Akhmad Yadi, Asisten Administrasi Umum Syahrudin, seluruh kepala OPD, camat, tim pendamping Universitas Brawijaya Malang dan diikuti pejabat fungsional perencana dan kasubag perencanaan se-Kabupaten Kobar. (fnd/diskominfo kobar)