Pemkab Kobar Salurkan Bansos Kepada Korban Terdampak Banjir di Kecamatan Aruta  

Wakil Bupati Kotawaringin Barat Ahmadi Riansyah didampingi Camat Aruta, Tim Dinsos dan Tim BPBD saat menyerahkan bantuan pangan kepada warga terdampak banjir di Desa Kerabu Kecamatan Utara, Kamis (25/6).

MMC Kobar – Bencana banjir telah melanda beberapa wilayah desa di Kecamatan Arut Utara (Aruta), antara lain Kelurahan Pangkut, Desa Kerabu, Sambi dan Panahan, Selasa (23/6).

Bantuan sosial pangan berupa beras, mi instant, sarden, gula, minyak dan kopi telah diserahkan langsung kepada warga oleh Wakil Bupati Kobar Ahmadi Riansyah, yang didampingi Camat Aruta, Kapolsek, Danramil, Tim Dinsos dan Tim BPBD di Desa Kerabu, pada Kamis (25/6).

(Baca Juga : Peringatan Hari Kartini ke-142, Bupati Kobar Raih Penghargaan Perempuan Berprestasi Tingkat Provinsi Kalteng)

Menurut penuturan Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) melalui Kepala Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial, Faridah Andayani, bahwa jumlah Kepala Keluarga (KK) sementara yang terdampak banjir yang diterima Dinsos, sampai dengan Jumat (26/6), sebanyak 339 KK yang tersebar di 4 desa/kelurahan.

“Data desa/kelurahan dan KK terdampak banjir yang sudah kita terima adalah Kelurahan Pangkut sebanyak 208 KK, Desa Panahan 49 KK, Desa Kerabu 48 KK dan Desa Sambi 34 KK, dan tidak menutup kemungkinan desa-desa lainnya akan menyusul,” kata Faridah.

“Dinsos telah menyalurkan 360 kg stok beras bencana untuk warga terdampak banjir khususnya di Desa Kerabu, dan untuk desa-desa lain penyalurannya menyusul sesuai dengan usulan permintaan dari desa/kelurahan yang bersangkutan. Sedangkan bantuan pangan lainnya berasal dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kobar (BPBD),” lanjut Faridah.

Penyebab banjir disinyalir karena intensitas curah hujan yang cukup tinggi selama beberapa hari, didukung dengan kondisi di sekitar wilayah yang gundul akibat proses replanting industri perkebunan. (dinsos kobar)