Pemkab Kobar Perketat Pemeriksaan Kesehatan Hewan Kurban

Petugas Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan sedang melakukan pemasangan Kalung SEHAT pada Hewan Kurban yang sudah dilakukan pemeriksaan. (dpkh kobar)

MMC Kobar - Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) melalui Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (PKH) melakukan pemeriksaan kesehatan hewan potong menjelang Hari Raya Idul Adha 1440 H, Senin (22/7). Pemeriksaan hewan potong meliputi Sapi dan kambing yang dilaksanakan di seluruh Kecamatan se-Kabupaten Kobar.

Kepala Bidang Kesehatan Hewan dan Kesehatan Masyarakat Veteriner, Haryo Prabowo mengatakan pemeriksaan dilakukan untuk menjaga kualitas dan kesehatan hewan kurban saat Hari Raya Idul Adha.

(Baca Juga : Situasi Pandemi, Bupati Kobar Dorong Penguatan Usaha UMKM)

“Dinas PKH Kabupaten Kobar telah menyiapkan kalung “SEHAT“. Kami akan keliling ke wilayah-wilayah dan lapak penjualan sapi dan kambing untuk memeriksa hewan kurban. Jika hewan kurban memenuhi kriteria layak dan sehat, akan diberikan kalung sehat dan jika ada hewan potong yang mengalami sakit akan ditangani lebih lanjut,” jelasnya.

Dengan diadakan pemeriksaan kesehatan hewan kurban antemortem (sebelum disembelih) diharapkan masyarakat yang akan membeli hewan untuk kurban merasa yakin dengan hewan kurban yang akan di kurbankan tersebut.

Dinas PKH tidak hanya melaksanakan pemeriksaan Antemortem (sebelum disembelih) tetapi pada saat pelaksanaan penyembelihan hewan kurban juga akan dilakukan pemeriksaan Postmortem (sesudah disembelih), yaitu memeriksa daging dan organ dalam hewan kurban yang telah dipotong, untuk memastikan daging yang disebar ke masyarakat adalah daging yang layak konsumsi.

Bagi masyarakat yang hendak berkurban, kepala Dinas PKH, Ir. Ida Pandanwangi menghimbau untuk memperhatikan kesehatan hewan kurban dengan memilih hewan kurban yang telah memakai kalung “SEHAT”. (dpkh kobar)