Pemkab Kobar Mulai Distribusikan Bantuan Seragam Gratis kepada Siswa Didik Baru Jenjang SD/MI dan SMP/MTs

Bupati Kab.Kobar, Hj Nurhidayah, Kadis Dikbud Rosihan Pribadi, Ketua DPRD dan beberapa pejabat daerah lainnya berfoto bersama para siswa perwakilan dari masing-masing kecamatan, Selasa (11/8)

MMC Kobar - Pemerintah Daerah Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) mulai mendistribusikan seragam gratis bagi siswa baru untuk tahun ajaran 2020/2021. Pembagian seragam gratis ini bagi seluruh siswa baru pada jenjang SD/MI dan SMP/MTs se-Kabupaten Kobar.

Dimulainya pendistribusian seragam gratis ini ditandai dengan penyerahan secara simbolis oleh Bupati Kobar, Hj Nurhidayah kepada siswa baru yang digelar di SD Negeri 8 Mendawai Pangkalan Bun pada Selasa (11/08). Dalam acara itu dihadiri juga Ketua DPRD, Muhammad Rusdi Gozali, Kepala Kantor Kemeng Kobar, H. Suyarno, Inspektur Kab Kobar, Agus Suparji, Kepala Dinkes, Achmad Rois dan Kepala Dinas Dikbud Kobar, M. Rosihan Pribadi.

(Baca Juga : Satgas Saber Pungli Kobar akan mengawasi Semua Program Bantuan Pemerintah Saat Pandemi)

Menurut Bupati Kobar Hj Nurhidayah pembagian seragam gratis ini merupakan program yang telah berjalan selama tiga tahun, dimana Pasangan Nurani (Nurhidayah - Ahmadi Riansyah) akan memberikan bantuan seragam gratis bagi siswa baru untuk meringankan beban orangtua siswa.

“Awalnya kami hanya dapat memberi bantuan kepada siswa baru dengan kriteria siswa tidak mampu. Namun untuk kali ini semua siswa baru jenjang SD/MI dan jenjang SMP/MTs mendapatkan bantuan seragam gratis,” kata Hj Nurhidayah, usai secara simbolis menyerahkan seragam gratis bagi siswa baru perwakilan dari 6 kecamatan Se-Kobar.

Bupati Hj Nurhidayah juga menyampaikan bahwa di tahun ajaran 2020/2021, Program Seragam Gratis ini diharapkan dapat membantu meringankan beban masyarakat. Apalagi saat ini Kabupaten Kobar masih dalam masa pendemi Covid-19, bahkan masa sulit tidak hanya di sektor Pendidikan melainkan sektor ekonomi dan industri .

“Ibu juga telah meminta kepada Kepala Dinas Dikbud Kobar agar segera mendistribusikan seragam gratis ini. Diusahakan akhir Agustus atau awal September 2020 semua siswa baru sudah menerima bantuan seragam gratis ini, terutama bagi daerah daerah yang jangkauannya sangat jauh, seperti Desa Sungai Cabang dan Desa Teluk Pulai agar didahulukan, mengingat jarak tempuh kedesa itu harus melalui jalur laut," tegas Bupati Kobar.

Acara Simbolis penyerahan seragam gratis ini menggunakan Protokol Kesehatan dalam rangka mencegah Covid-19. Pada kesempatan itu juga Kepala Dinas Dikbud Kobar dalam sambutannya melaporkan kepada Bupati tentang mekanisme pendistribusian dan jumlah pakaian yang dianggarkan.

“Untuk jenjang SD sejumlah 5000 stel dan untuk jenjang SMP 4500 stel. Kami juga menyampaikan permohonan maaf kepada orangtua murid apabila dalam mekanisme pemberian seragam gratis ini masih terdapat kekurangan. Besar harapan Pemkab Kobar agar secepat mungkin siswa baru bisa menggunakan seragam gratis,” ujar Rosihan. (humas disdikbud kobar)