Pemkab Kobar Masuk Finalis Top Inovasi Pelayanan Publik di Ajang KIPP 2022

Sekda Kobar Suyanto didampingi Kepala Dinas PUPR Hasyim Muallim (kiri) dan Kepala Bapenda Kobar M.N. Ikhsan (kanan) saat mengikuti Presentasi dan Wawancara KIPP 2022 di ruang rapat Setda, Senin (11/7/2022).

MMC Kobar - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kotawaringin Barat (Kobar) menjadi salah satu finalis Top Inovasi Pelayanan Publik Tahun 2022 dalam ajang Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) yang diselenggarakan oleh kementerian PAN RB.

Ada 2 inovasi yang digagas oleh Pemkab Kobar, yaitu Monitoring Pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan Sektor P2 dari Bapenda dan Pembiayaan Infrastruktur di Masa Paska Pandemi Covid-19 dari Dinas PUPR.

(Baca Juga : Menyambut Haul Kyai Gede, Kelurahan Kotawaringin Hulu Galakkan Kegiatan Jumat Bersih)

Berkaitan dengan hal ini, dilaksanakan presentasi dan wawancara oleh tim panel independen yang dilaksanakan pada Senin (11/7). Presentasi dan wawancara dipimpin oleh Sekda Kabupaten Kobar Suyanto yang didampingi oleh Kepala Bapenda M.N. Ikhsan dan Kepala Dinas PUPR Hasyim Muallim.

Pada tahun 2022, tema yang diusung KIPP adalah “Percepatan Reformasi Birokrasi melalui Implementasi Transformasi Kelembagaan, Transformasi SDM Aparatur, dan Transformasi Digital yang diwujudkan dalam inovasi pelayanan publik menuju pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan”.

Sekda Kobar Suyanto

KIPP 2022 lebih disederhanakan dibanding tahun-tahun sebelumnya, dari sisi kategori, tahun sebelumnya dibagi menjadi 10 kategori, kini hanya tiga, yakni pelayanan publik yang inklusif dan berkeadilan, efektivitas institusi publik untuk mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan (TPB), serta ketahanan institusi publik di masa pandemi dan antisipasi pasca-pandemi.

Sekda Kobar Suyanto mengungkapkan keterlibatan Pemkab hingga di tahapan ini ialah bentuk komitmen pemerintah daerah dalam percepatan reformasi birokrasi melalui informasi tranformasi kelembagaan, tranformasi SDM aparatur dan tranformasi digital.

“Kompetisi ini sekaligus bisa memotivasi pemerintah daerah untuk meningkatkan inovasi pelayanan publik dan profesioanaliseme dalam pemebrian pelayanan publik,” katanya.

Suyanto menambahkan jika Pemkab Kobar akan terus berupaya memberikan yang terbaik dalam hal pelayanan kepada masyarakat. (prokom kobar)