Pemkab Kobar Luncurkan Aplikasi Pendaftaran Vaksinasi Berbasis Android

MMC Kobar - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kotawaringin Barat (Kobar) meluncurkan aplikasi bernama Reva Kobar atau Registrasi Vaksin Kotawaringin Barat. Peluncuran yang dilaksanakan pada Sabtu (18/9/2021) di Hotel Arsela Pangkalan Bun ini dihadiri oleh Bupati beserta unusr Forkopimda Kobar.

Aplikasi ini dikembangkan sebagai upaya untuk mempermudah masyarakat di dalam pendaftaran vaksinasi. Berbasis android, Reva Kobar bisa diunduh masyarakat melalui layanan Google Play Store.

Reva Kobar berfungsi untuk melakukan registrasi vaksinasi secara langsung oleh masyarakat Kabupaten Kotawaringin Barat. Setelah mendaftar di aplikasi Reva, maka masyarakat tinggal menunggu proses skrining dari pihak puskesmas, setelah selesai proses skrining maka akan mendapat notifikasi terkait pelaksanaan vaksin.

Aplikasi ReVa Kobar ini dikembangkan sebagai bagian dalam memperlebar akses masyarakat terhadap vaksin. Kepala Dinas Kominfo Kobar Rody Iskandar mengatakan sejak aplikasi ini diuji coba, hingga hari ini sebanyak lebih dari 5.000 masyarakat telah mengunduh dan menggunakan aplikasi ini dalam vaksinasi.

“Aplikasi ini dibuat untuk masyarakat dalam memonitor dan memperoleh vaksin secara mudah,” kata Rody. Rody juga menyebut jika aplikasi ini terintegrasi dengan basis data yang telah dimiliki oleh Satgas Covid-19.

Bupati Hj Nurhidayah yang meresmikan aplikasi ini menyampaikan bahwa Pemkab Kobar menyadari bahwa masih banyak keterbatasan di dalam pelaksanaan vaksinasi bagi masyarakat, hal ini dikarenakan ketersediaan stok vaksin yang ada saat ini. Namun demikian, Pemkab Kobar berkomitmen akan senantiasa berupaya mengatasi berbagai tantangan yang ada dengan terus mendorong berbagai inovasi, salah satunya melalui pengembangan aplikasi Reva Kobar ini. 

“Berbagai inovasi yang dikembangkan ini menjadi salah satu wujud komitmen dari pemerintah kabupaten Kotawaringin Barat untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat,” kata Hj Nurhidayah. (prokom kobar)