Pemkab Kobar Kembali Laksanakan Asesmen bagi Pejabat Pengawas

MMC Kobar - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kotawaringin Barat (Kobar) kembali melaksanakan asesmen untuk pejabat pengawas. Asesmen angkatan kedua ini dilaksanakan pada Kamis (8/4) bertempat di gedung CAT BKPP Kobar dan diikuti sebanyak 38 peserta. Berdasarkan informasi yang diperoleh dari Bidang Pengangkatan dan Mutasi seharusnya ada 40 orang peserta yang mengikuti asesmen, namun 2 orang berhalangan hadir karena sedang melaksanakan dinas luar.

Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kobar, Aida Lailawati, mengatakan bahwa asemen ini akan terus dilaksanakan untuk seluruh pejabat pengawas sehingga terpetakan seluruh kompetensi yang dimiliki. BKPP selaku leading sector dalam manajemen PNS betul-betul ingin memperhatikan sumber daya manusia, bukan hanya dari aspek integritas tetapi juga dari sisi kompetensi yang di miliki.

“Ciri ASN yang profesional itu harus memiliki kualifikasi yang baik dari keduanya yaitu integritas dan kompetensi,” ujar Aida.

Pada kesempatan itu Aida juga menjelaskan terkait penyederhanaan birokrasi yang sedang digaungkan oleh Pemerintah Pusat bahwa di Kobar juga akan melaksanakannya. Seluruh pejabat pengawas nantinya akan dialihkan ke dalam jabatan fungsional, kecuali untuk jabatan kewilayahan dan atributif. Usulan untuk penyederhanaan birokrasi harus sudah masuk ke Kementerian Dalam Negeri paling lambat pada bulan April ini.

“Diharapkan pada bulan Juni semua proses sudah selesai dan para pejabat yang dialihkan bisa dilantik ke dalam jabatan fungsionalnya,” ujar Aida menambahkan.

Terakhir, Aida berpesan kepada para peserta asesmen agar melaksanakan asesmen dengan sungguh-sungguh dan mengikuti seluruh tahapan yang diinstruksikan oleh asesor, karena dari penilaian asesmen ini akan diperoleh kompetensi yang dimiliki oleh peserta.

“Semoga kegiatan asesmen ini bisa memberikan manfaat yang bagus, baik kepada peserta maupun kepada pemerintah daerah,” ujar Aida mengakhiri sambutannya. (bkpp kobar)