Pemkab Kobar Gelar Rakordal Triwulan IV Tahun Anggaran 2022

Asisten Perekonomian Pembangunan Akhmad Yadi menyampaikan sambutan Pj Bupati Kobar sekaligus membuka Rakordal Triwulan IV Tahun Anggaran 2022 di Aula Bappeda, Selasa (7/2/2023).

MMC Kobar – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kotawaringin Barat (Kobar) menggelar Rapat Koordinasi Pengendalian (Rakordal) Pelaksanaan Rencana Pembangunan Triwulan IV Tahun Anggaran 2022 di Aula Bappeda, Selasa (7/2).

Kegiatan tersebut dibuka oleh Asisten Perekonomian Pembangunan Setda Akhmad Yadi dan dihadiri oleh Wakil Ketua 1 Mulyadin dan Wakil Ketua 2 DPRD Bambang Suherman, kepala OPD dan camat.

(Baca Juga : Dalam Rangka Hari Konsumen Nasional, Disperindagkop UKM Kobar Adakan Sosialisasi Perlindungan Konsumen)

Membacakan sambutan Pj Bupati Kobar, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Akhmad Yadi menyampaikan, rakordal ini merupakan forum untuk meningkatkan koordinasi serta perbaikan perencanaan dan pelaksanaan pembangunan tahap selanjutnya. 

“Rakordal juga merupakan suatu kegiatan yang sangat strategis baik ditinjau dari sisi proses manajemen pembangunan itu sendiri maupun output yang dihasilkan sebagai bahan evaluasi kinerja pembangunan. Hasil evaluasi sebagaimana dimaksud menjadi bahan bagi penyusunan rencana pembangunan daerah untuk periode berikutnya,” terang Yadi.

Peserta Rakordal Triwulan IV Tahun Anggaran 2022 di Aula Bappeda, Selasa (7/2/2023)

Lebih lanjut Yadi memaparkan, salah satu fungsi utama anggaran pemerintah daerah adalah sebagai alat kebijakan fiskal yang digunakan untuk menstabilkan ekonomi dan mendorong laju pertumbuhan ekonomi. Berdasarkan data sampai dengan 31 Desember 2022, realisasi keuangan Kabupaten Kotawaringin Barat mencapai 90,71 persen dan realisasi fisik sebesar 96,99 persen.

“Dari hasil capaian itu, ternyata masih ada beberapa perangkat daerah yang capaiannya masih dibawah capaian kabupaten. Ini yang menjadikan evaluasi kita bersama untuk mengidentifikasi permasalahan dan mencari solusi terbaik dalam mengatasi permasalahan tersebut,” kata Akhmad Yadi.

Ahmad Yadi berharap pelaksanaan rakordal ini mendapatkan solusi terhadap masalah yang dihadapi oleh Pemkab Kobar, sehingga percepatan serapan anggaran dapat terwujud yang akhirnya dapat mendorong pertumbuhan ekonomi di daerah.

“Semoga rapat koordinasi pengendalian pada hari ini mampu memberikan output berharga bagi kita semua dalam rangka perbaikan pelaksanaan pembangunan demi terwujudnya masyarakat kotawaringin barat yang adil, aman dan sejahtera,” kata Akhmad Yadi. (rtn/diskominfo kobar)