Pemkab Kobar Gelar Penyambutan Piala Adipura di Halaman Kantor Bupati

Penjabat Bupati, Sekretaris Daerah, Kepala SOPD serta jajaran Forkompimda mengikuti ceremonial penyambutan piala Adipura di Halaman Kantor Bupati, Rabu (6/3)

MMC Kobar – Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) kembali meraih penghargaan Adipura tahun 2023 dengan kategori Kota Kecil. Hari ini Rabu (6/3) masyarakat Kobar sangat antusias menyambut kedatangan Piala Adipura yang telah diterima oleh Penjabat (Pj) Bupati Kobar Budi Santosa. Terbukti banyaknya komunitas yang berpartisipasi mengikuti arak-arakan Piala Adipura dan di tiap jalan banyak masyarakat Kobar dari kalangan anak sekolah maupun warganya ikut menyaksikan arak-arakan tersebut.

Penyelenggaraan penghargaan Adipura sebagai salah satu medium afirmatif atas upaya mewujudkan peningkatan kualitas lingkungan hidup yang berkelanjutan di Indonesia. Program tersebut dapat terus diperkaya dengan ragam inovasi sehingga mampu menyesuaikan dengan kebijakan lini zaman serta perubahan arah kebijakan.

(Baca Juga : Kobar Terima Penghargaan Swasti Saba dari Kemedagri dan Kemenkes)

Seperti yang telah disampaikan oleh Wakil Presiden Ma'ruf Amin saat penyerahan Adipura bahwa setiap pemerintah kabupaten/kota harus bisa mencapai berbagai target nasional, seperti target Jakstranas Tahun 2025 dan nol sampah nol emisi pada 2050. Salah satu yang ditekankan adalah melibatkan peran aktif masyarakat dalam mengelola sampah yang lebih baik lagi dengan edukasi dan sosialisasi.

Foto bersama usai penyerahan paket bingkisan sembako sejumlah 510 paket kepada perwakilan petugas kebersihan

Kota Pangkalan Bun termasuk salah satu dari 106 Kabupaten/Kota yang mampu menunjukkan kinerja pengelolaan lingkungan hidup perkotaan yang baik dan pada tahun ini raihan adipura kota pangkalan bun sudah yang ke – 13.

“Saya atas nama pemerintah daerah dan segenap warga Kotawaringin Barat menyampaikan penghargaan dan ucapan terima kasih yang setulus-tulusnya terutama kepada semua titik pantau detail dan titik pantau wilayah serta semua pihak, disertai harapan agar semangat semacam ini senantiasa dapat kita peliharaan bahkan kita tingkatkan sehingga wajah kota pangkalan bun ini semakin baik sebagai kota penyandang predikat adipura.,”ucap Budi Santosa.

Pada kesempatan yang sama juga dibagikan paket bingkisan sembako sejumlah 510 paket, masing-masing untuk petugas kebersihan dan ruang terbuka hijau, petugas kebersihan pasar, satgas kebersihan yang berada di kelurahan dalam kota Pangkalan Bun dan Kecamatan Kumai.

Insya Allah tahun ini pemerintah daerah akan memperjuangkan kesejahteraan para petugas kebersihan dan petugas ruang terbuka hijau berupa penyesuaian kenaikan upah kerja,” tutup Budi Santosa mengakhiri sambutannya. (Dsy/Diskominfo Kobar)

Penjabat Bupati Budi Santosa berbincang dengan para petugas kebersihan yang hadir saat acara Adipura di Halaman Kantor Bupati Kobar