Pemkab Kobar Gelar Musrenbang RKPD 2024

MMC Kobar – Sebagai bagian penyusunan rencana kerja yang berkualitas, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kotawaringin Barat (Kobar) menggelar Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2024. 

Kegiatan yang berlangsung di Aula Bappedalitbang ini diikuti oleh seluruh OPD baik secara daring maupun luring. Acara pada Selasa (21/3) ini merupakan salah satu kegiatan penting dalam penyusunan rencana kerja pemerintah daerah. 

(Baca Juga : Optimalisasi Pajak Daerah, Bapenda Kobar Gelar Pertemuan Bersama Pihak Icon+)

Tujuan dilaksanakannya Musrenbang RKPD adalah untuk mendapatkan saran dan masukan dari seluruh stakeholder dalam rangka penyempurnaan rancangan RKPD dan untuk mendapatkan kesepakatan akhir dalam mensinkronkan program, kegiatan dan sub kegiatan antar OPD untuk mendukung Prioritas Pembangunan Kabupaten Kobar sebagaimana tertuang dalam RKPD. 

Dalam kegiatan Musrenbang RKPD Tahun 2024 ini, OPD turut serta dalam memberikan masukan mengenai rencana kegiatan dan program kerja yang akan dilaksanakan di tahun mendatang. Selain itu, para dalam kesempatan ini diserahkan Musrenbangcam Award kepada camat yang sebelumnya telah melaksanakan musrenbang di tingkat kecamatan. 

Plt Sekretaris Daerah yang juga Kepala Bappedalitbang Kabupaten Kobar Juni Gultom menyampaikan, kegiatan Musrenbang RKPD ini dilaksanakan sebagai upaya pemerintah daerah dalam mengoptimalkan pelayanan publik dan pembangunan daerah secara keseluruhan. 

“Kegiatan Musrenbang RKPD Tahun 2024 ini merupakan salah satu upaya pemerintah daerah untuk melibatkan seluruh pihak dalam penyusunan rencana kerja pemerintah daerah yang lebih partisipatif dan inklusif,” kata Juni Gultom. 

Juni Gultom menambahkan, melalui forum Musrenbang ini, Tim Bappedalitbang dan OPD akan melakukan pembahasan terhadap Rencana Kerja (Renja) OPD dengan fokus membahas keterkaitan Program dan Kegiatan pada Renja OPD, khususnya yang berasal dari usulan musrenbang kecamatan, pokok pikiran dewan, serta prioritas pembangunan Kabupaten Kobar. 

Turut hadir dalam kegiatan ini Anggota DPRD Kalteng Wisman, Kepala Bappedalitbang Provinsi H.Kaspinnor, Ketua DPRD M.Rusdi Gozali, unsur Forkopimda, kepala OPD, Ketua BPS Kobar, Kepala BNNK, tokoh masyarakat dan tamu undangan lainnya. (rib/prokom setda)