Pemkab Kobar Gelar Forum Gabungan Perangkat Daerah Tahun 2022

MMC Kobar - Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat melalui Bappeda melaksanakan Forum Gabungan Perangkat Daerah Kabupaten Kotawaringin Barat Tahun 2022 di Aula Bappeda Kobar pada Kamis (18/03).

Acara yang dipimpin oleh Bupati Kobar Hj Nurhidayah ini dihadiri oleh Ketua DPRD Kobar Muhammad Rusdi Gozali, Sekda Suyanto, Unsur Forkompimda, kepala SOPD/camat lingkup Pemkab Kobar, Kepala BPS dan diikuti juga oleh masing-masing SOPD secara virtual.

(Baca Juga : Kobar Expo 2018 Resmi Ditutup Bupati Tadi Malam )

Forum Gabungan Perangkat Daerah ini merupakan rangkaian dari tahapan perencanaan forum sinkronisasi pelaksanaan urusan pemerintahan daerah untuk merumuskan usulan program dan kegiatan pembangunan sesuai dengan tugas dan fungsi Perangkat Daerah.

Hasil Forum Gabungan Perangkat Daerah ini selanjutnya nanti akan digunakan sebagai bahan untuk penyempurnaan Rancangan Renja Perangkat Daerah dan Rancangan Awal RKPD Kabupaten Kotawaringin Barat Tahun Anggaran 2022 menjadi Rancangan RKPD Kabupaten Kotawaringin Barat Tahun Anggaran 2022, yang bakal digunakan sebagai bahan klarifikasi dalam Musrenbang Kabupaten dan insya Allah direncanakan pada tanggal 31 Maret 2021 yang akan datang.

Hj Nurhidayah berharap setelah rapat gabungan perangkat daerah ini semua dapat mencermati dan menjadi bahan analisis, yaitu selalu berpedoman, memperhatikan, dan menyelaraskan dengan Dokumen RPJMD Tahun 2017-2022 baik indikator maupun target kinerjanya, pemenuhan Standar Pelayanan Minimal, dokumen hasil evaluasi pembangunan daerah, memperhatikan Surat Edaran Bupati Kobar yang memuat prioritas pembangunan daerah tahun anggaran 2022, menyelaraskan juga terhadap hasil kegiatan reses DPRD yang tertuang dalam Pokok-Pokok Pikiran DPRD serta menyelaraskan usulan program dan kegiatan hasil musrenbang tingkat kecamatan yang telah kita laksanakan bersama-sama beberapa waktu yang lalu.

Sinkronisasi dan penyelarasan terhadap prioritas pembangunan Provinsi Kalimantan Tengah, dengan mempedomani RPJMN 2020-2024 dan Rancangan Awal Rencana Kerja Pemerintah (RKP) Tahun 2022 yang mengusung tema pembangunan ‘Pemulihan Ekonomi Dan Reformasi Struktural’, dimana terdapat 7 Agenda Pembangunan Nasional, yaitu :

  1. Ketahanan Ekonomi untuk Pertumbuhan Berkualitas dan Berkeadilan;
  2. Pengembangan Wilayah untuk Mengurangi Kesenjangan dan Menjamin Pemerataan;
  3. SDM Berkualitas dan Berdaya Saing;
  4. Revolusi Mental dan Pembangunan Kebudayaan;
  5. Infrastruktur untuk Ekonomi dan Pelayanan Dasar;
  6. Lingkungan Hidup, Ketahanan, Bencana dan Perubahan Iklim;
  7. Stabilitas Polhukhankam dan Transformasi Pelayanan Publik.

Bupati Hj Nurhidayah juga berharap semua program dan kegiatan yang diusulkan merupakan program dan kegiatan yang benar-benar prioritas dan strategis bagi pembangunan Kabupaten Kobar serta dapat diintegrasikan secara tematik untuk mencapai keterpaduan dan keserasian antar wilayah, antar sektor, dan antar pelaku pembangunan.

"Kepada semua peserta forum ini, saya sampaikan selamat bekerja dan selamat berdiskusi untuk mendapatkan hasil yang optimal dan berdaya guna untuk kemajuan dan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Kotawaringin Barat," tutup Hj Nurhidayah. (humas diskominfo kobar)