Pemkab Kobar Gelar Deklarasi Damai Pilkades Serentak Tahun 2023

Penjabat Bupati Kobar Budi Santosa menandatangani komitment bersama penyelenggaraan pemilihan kepala desa usai apel deklarasi damai pilkades dihalaman kantor Bupati, Senin (09/10).

MMC Kobar – Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) akan melaksanakan Deklarasi Damai Pilkades Serentak tahun 2023. Penjabat (Pj) Bupati Budi Santosa, Senin (9/10) memimpin deklarasi damai pilkasdes di halaman kantor bupati Kotawaringin Barat.

Dalam sambutannya, beliau mengucapkan apresiasi dan selamat menjalankan kegiatan pemilihan kepala desa 2023 yang dilakukan secara serentak. Pelaksanaan kampanye calon kepala desa 2023 akan dilaksanakan pada tanggal 20 Oktober 2023 hingga 22 Oktober 2023, dilakukan selama 3 (tiga) hari pelaksanaan kegiatannya. Selain itu proses kegiatan  pemilihan kepala desa tahun 2023 akan dilaksanakan pada tanggal 28 Oktober 2023 yang tersebar di 6 (enam) kecamatan, yang diikuti calon peserta kepala desa sebanyak 130 orang.

(Baca Juga : Tanamkan Nilai Antikorupsi kepada Pelajar, Inspektorat Kobar Gelar LCC Tingkat SMA se-Kobar)

Pelaksanaan pemilihan Kepala Desa Serentak tahun 2023 sebagaimana mestinya tertuang dalam keputusan Bupati Kotawaringin Barat Nomor 80 tahun 2023 tentang penetapan hari pemungutan suara dan tahapan pelaksanaan kegiatan pemilihan Kepala Desa Serentak tahun 2023 di Kabupaten Kotawaringin Barat.

Budi Santosa juga menghimbau selama pelaksanaan kegiatan kampanye wajib mentaati aturan yang ada, beliau juga menghimbau agar calon kepala desa menghindari aktivitas yang mengarah kepada pelanggaran terhadap larangan kampanye. Pemilihan Kepala Desa Serentak 2023 ini merupakan bentuk komitmen dan kesanggupan kita bersama untuk mendukung pelaksanaan pemilihan Kepala Desa Serentak tahun 2023.

”Kegiatan kampanye yang melanggar aturan akan dilakukan tindakan lanjutan dan akan diproses lebih lanjut oleh aparat penegak hukum,” ujar Budi Santosa. Beliau juga memberikan semangat kepada calon Kepala Desa yang akan berpartisipasi semoga menghasilkan Kepala Desa yang berkualitas dalam menjalankan pemerintahan desa 6 tahun kedepan.

“Semoga kegiatan pelaksanaan Deklarasi Damai Pilkades Serentak Tahun 2023 ini diharapkan dapat berjalan aman, kondusif, lancar dan berlangsung secara luber dan jurdil, sesuai dengan tema Pilkades Serentak tahun 2023 yaitu ”LANCAR” yang berarti bahwa Pilkades dilaksanakan secara Langsung, Adil, Netral, Ceria, Aman dan Rahasia,”tutupnya.

Pada kesempatan yang sama, Kapolres Kobar AKBP Bayu Wicaksono, S.H., S.I.K., M.Si. juga mengatakan personil sudah dipersiapkan pada pilkades nanti sehingga kegiatan dapat berjalan dengan aman, lancar dan kondusif. (Ray-Dsy/Diskominfo Kobar).

Plh. Sekretaris Daerah membacakan ikrar deklarasi damai pilkades