Pemkab Kobar Apresiasi Komitmen PT Indotruba Tengah yang Memfasilitasi Pembangunan Kebun Masyarakat Sekitar

Foto bersama pada acara penanaman perdana kelapa sawit di Sungai Hijau Kecamatan Pangkalan Banteng, Kamis (30/11)

MMC Kobar - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kotawaringin Barat (kobar) memberikan apresiasi terhadap komitmen PT Indotruba Tengah dalam memfasilitasi pembangunan kebun masyarakat sekitar melalui Penanaman Perdana Kelapa Sawit yang dilaksanakan pada Kamis (30/11/2023) di Desa Sungai Hijau, Kecamatan Pangkalan Banteng.

Pj Bupati Kobar melalui Kepala Dinas Pertanian Kris Budi Hastuti atas nama pemerintah daerah mengucapkan terima kasih kepada PT Indotruba Tengah atas terlaksananya program kemitraan dengan masyarakat Desa Sungai Hijau.

(Baca Juga : Pemerintah Kecamatan Pangkalan Banteng Serahkan Surat Keterangan Aman Covid-19 kepada Masjid Roudhotul Janah Desa Amin Jaya)

Hal tersebut disampaikan pada kegiatan tanam perdana yang dihadiri oleh Perwakilan PT Indo Truba Tengah, Dinas Pertanian, unsur Forkopimda Kecamatan Pangkalan Banteng, Kepala Desa, BPD serta seluruh warga desa Sungai Hijau. 

Kegiatan Penanaman Perdana Kelapa Sawit Program Kemitraan Perusahaan dengan Masyarakat Sekitarnya ini merupakan implementasi dari Peraturan Menteri Pertanian Nomor 98 Tahun 2013 dan Peraturan Menteri Pertanian Nomor 18 Tahun 2021 yang mengatur kewajiban perusahaan perkebunan untuk memfasilitasi pembangunan kebun masyarakat sekitar.

Penanaman Perdana Kelapa Sawit oleh Kepala Dinas Pertanian, Kris Budi Hastuti

“Dalam peraturan tersebut tidak disebutkan bahwa yang difasilitasi itu harus kelapa sawit, yang pasti adalah yang termasuk tanaman perkebunan,” terang Kris Budi.

“Seandainya masyarakat maunya karet, atau kopi atau tebu atau tanaman lainnya, perusahaan harus mau, yang penting masyarakat juga sepakat untuk memenuhi persyaratan yang diajukan oleh perusahaan. Sehingga dengan adanya kesepakatan seperti itu maka terciptalah kemitraan yang saling menguntungkan,” lanjut Kris.

Kehadiran perusahaan perkebunan diharapkan akan berdampak positif bagi masyarakat yang tinggal di sekitar perkebunan. Pemkab Kobar juga berharap kepada perusahaan agar selalu bersedia memfasilitasi apabila masih ada masyarakat yang ingin tanahnya dibangun menjadi kebun. 

“Saya mendengar saat ini ada 250 hektar kebun yang akan dibangun atau dimitrakan dan mudah-mudahan ini menjadi awal yang indah bagi bagi kita semua. Saya percaya perusahaan akan selalu bersedia memfasilitasi apabila masih ada masyarakat yang ingin tanahnya dibangun menjadi kebun,” tutup Kris.

Dalam kesempatan tersebut Pemkab Kobar juga menyampaikan terimakasih kepada semua pihak yang memberikan dukungannya dalam menjaga kondusifitas khususnya di wilayah Kobar, sehingga kegiatan investasi yang menggerakkan roda perekonomian dapat berjalan dengan baik. (n2k_Distankobar)

Foto bersama perwakilan PT Indotruba Tengah