Pemkab Gelar Rakor Penyusunan Arsitektur dan Peta Rencana SPBE

Kabid Aptika Diskominfo Kobar Membuka Kegiatan Rakor Penyusunan Arsitektur Data dan Informasi SPBE di Aula Bappedalitbang, Selasa (03/10).

MMC Kobar - Sehubungan dengan penyusunan Arsitektur Data dan keamanan Informasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE), diperlukan koordinasi dan pengenalan layanan SPBE yang ada di seluruh OPD berdasarkan proses bisnis Kabupaten Kotawaringin Barat yang telah disusun. Oleh sebab itu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kotawaringin Barat (Kobar) gelar rapat koordinasi (rakor) Penyusunan Arsitektur Dan Peta Rencana SPBE di Aula Bappedalitbang, Selasa (03/10).

Dihadiri Pegawai perwakilan OPD yang membidangi perencanaan, rakor tersebut dibuka oleh Kepala Dinas Kominfo, Statistik dan Persandian yang diwakilkan kepala bidang aptika diskominfo kobar Zeno Hendra Kurniawan. Pada saat pembukaan rakor beliau menjelaskan bahwa pemkab Kobar telah melaksanakan tahapan SPBE salah satunya dengan menyiapkan arsitektur.

(Baca Juga : Peringati Harkopnas ke-75, Disperindagkop UKM dan Dekopinda Kobar Gelar Kegiatan Donor Darah)

“Ada 6 arsitektur yang harus disiapkan diantaranya arsitektur bisnis, arsitektur layanan, arsitektur data, arsitektur aplikasi, arsitektur infrastruktur serta arsitektur keamanan data dan informasi,”kata zeno kurniawan.

“Selanjutnya pemkab Kotawaringin Barat akan melaksanakan penyusunan Peta rencana SPBE yang disesuaikan dengan dokumen RPD Kabupaten 2022 s.d 2025,”lanjut Zeno.

Lebih lanjut Zeno mengatakan SPBE merupakan sistem pemerintahan dengan mekanisme elektronik dimana semua layanan yang diselenggarakan pemerintah akan dilakukan dengan digital. SPBE  telah dicanangkan pemerintah melalui Perpres nomor 95 tahun 2018 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik. Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat telah mengikuti tahapan SPBE sejak 2019 dan akan terus mengikuti tahapan yang telah ditentukan hingga bisa mengimplementasikan SPBE di Kotawaringin barat dengan baik. (Dsy/Diskominfo Kobar).

Peserta Rakor Penyusunan Arsitektur Data dan Informasi SPBE