Pembukaan Lomba KOSN, KSN dan Ekskul Keagamaan Tingkat Kabupaten Kobar Tahun 2020

(Foto bersama) Kepala Dinas Dikbud Kabupaten Kobar M. Rosihan Pribadi bersama panitia, juri dan seluruh peserta KSN, KOSN dan Ekskul Keagamaan.

MMC Kobar - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) tengah menerapkan kegiatan minat dan bakat dengan meyelenggarakan lomba Kompetisi Sains Nasional (KSN), Kompetisi Olahraga Siswa Nasional (KOSN) dan Lomba Ekstrakulikuler Keagamaan  SD Tingkat Kabupaten Kobar pada Kamis (12/3).

Penyelenggaraan pembukaan kegiatan dan sebagian lomba berlangsung di area kantor Dinas Dikbud Kobar, dan ada juga yang dilaksanakan ditempat lain seperti cabang lomba sepak bola mini dan renang.

(Baca Juga : Bupati Kobar Kukuhkan Pengurus Forum Anak Kobar Periode 2019-2021)

Acara pembukaan dari rangkaian lomba-lomba tersebut dilaksanakan di lapangan kantor Dinas Dikbud serta dipimpin dan dibuka langsung oleh Kepala Dinas Dikbud Kobar, M. Rosihan Pribadi. Acara pembukaan ini dihadiri juga oleh seluruh kepala cabang dinas se-Kobar, pengawas sekolah dan dewan juri serta siswa-siswi para peserta lomba.

Dalam sambutannya Kepala Dinas Dikbud Kobar M. Rosihan Pribadi sangat mengapresiasi kegiatan tersebut. Yang mana sebagai bagian masyarakat Kobar, sangat bangga dengan anak-anak yang bertalenta dan berprestasi dalam berkompetisi pada suatu ajang perlombaan.

Perlu diketahui bahwa lomba-lomba KOSN, KSN serta Ekstrakulikuler Keagamaan tingkat kabupaten ini merupakan lanjutan dari lomba-lomba yang sama yang telah dilaksanakan di masing-masing kecamatan yang ada di kobar karena merupakan seleksi bagi siswa-siswi di tingkat kecamatan.

“Kegiatan KSN, KOSN dan Lomba Ekstrakulikuler Keagamaan tingkat Kabupaten Kotawaringin Barat memang secara rutin dilaksanakan setiap tahun sebagai salah satu wadah untuk meningkatkan kecintaan dan apresiasi serta kreativitas siswa terhadap bidang akademik khususnya mata pelajaran IPA, Matematika, Olahraga dan Agama. Serta kegiatan ini juga dapat menumbuhkembangkan budaya kompetitif yang sehat di kalangan siswa pada tingkat sekolah, kecamatan, kabupaten, provinsi hingga nasional,” kata Rosihan.

Kegiatan KSN ini untuk memotivasi siswa agar lebih gemar belajar sains dan mempunyai karakter meliputi religiusitas, integritas, nasionalisme, mandiri dan gotong royong. Selain itu juga untuk mendorong sekolah dalam memfasilitasi siswa dan meningkatkan mutu pembelajaran Matematika dan IPA.

Kegiatan KOSN juga dapat mengembangkan bakat dan minat siswa dalam bidang olahraga untuk meningkatkan kesehatan jasmani para siswa. Sedangkan kegiatan Lomba Ekstrakulikuler Keagamaan bertujuan untuk mengasah kemampuan bakat dan minat siswa dalam bidang agama.

Rosihan menerangkan, dalam menggali potensi diri anak, seluruh elemen masyarakat harus saling bersinergi. Dan untuk menggalang sinergintas inilah yang harus kita tingkatkan lagi.

“Terakhir, saya menghimbau kepada segenap panitia dan tim juri, termasuk para kontingen untuk tetap menjaga dan memelihara situasi keamanan dan ketertiban demi suksesnya penyelenggaraan kegiatan ini. Semangat kerjasama, rasa persaudaraan dan persatuan,” imbaunya.

“Tentunya kami berharap kontingen Kabupaten Kotawaringin Barat nantinya mampu berprestasi pada ajang KSN dan KOSN yang lebih tinggi lagi baik pada tingkat provinsi maupun tingkat nasional, sebagaimana prestasi yang mampu diraih di ajang KSN dan KOSN pada tahun-tahun sebelumnya. Untuk itu optimisme disertai ikhtiar yang sungguh-sungguh senatiasa perlu kita tumbuhkan demi meraih hasil yang terbaik,” pungkas Rosihan. (disdikbud_kobar)