Pelantikan dan Pengukuhan PD IPI Kabupaten Kobar Periode 2022-2025

MMC Kobar - Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan  Kabupaten Kotawaringin Barat (DPK Kobar), M. Rosihan Pribadi menghadiri Pelantikan dan Pengukuhan Pengurus Daerah Ikatan Pustakawan Indonesia (IPI) Kabupaten Kotawaringin Barat periode 2022-2025. Kegiatan ini diselenggarakan di aula DPK Kobar pada Senin (25/04).

Ikatan Pustakawan Indonesia (IPI) adalah organisasi profesi yang menaungi profesi pustakawan di Indonesia. IPI didirikan pada tanggal 7 Juli 1973 dalam Kongres Pustakawan Seluruh Indonesia yang diselenggarakan di Ciawi, Bogor, 5-7 Juli 1973. Sebagai organisasi profesi, IPI menjadi wadah berkumpulnya para pustakawan dan pemerhati perpustakaan dalam mengembangkan perpustakaan di Indonesia.

(Baca Juga : Bupati Puncak Jaya Apresiasi Terobosan Akses Telekomunikasi untuk Kawasan 3T)

Pustakawan sebagai tenaga profesional berperan penting dalam pengelolaan informasi, pengembangan pengetahuan, dan keterlibatannya dalam upaya mencerdaskan kehidupan bangsa. Oleh karena itu, diperlukan wadah yang dapat menaungi dan menjembatani kegiatan terkait dengan IPI di Kabupaten Kotawaringin Barat.

Untuk melaksanakan organisasi Ikatan Pustakawan Indonesia dan pembinaan anggota Ikatan Pustakawan Indonesia daerah secara efektif, sehingga perlu dibentuk dan ditetapkan Kepengurusan Ikatan Pustakawan Indonesia di Kabupaten Kotawaringin Barat. Sebagaimana berdasarkan Keputusan Pengurus Daerah Ikatan Pustakawan Indonesia Provinsi Kalimantan Tengah Nomor 5 Tahun 2022, tanggal 8 Maret 2022 tentang Pengesahan dan Penetapan Susunan Pengurus Daerah Ikatan Pustakawan Indonesia Kabupaten Kotawaringin Barat Periode 2022-2025, terdiri dari pembina, pengurus inti, koordinator bidang dan anggota. 

Pengurus Daerah IPI Kabupaten Kobar periode 2022-2025 di bawah kepemimpinan Imelda Nuralam Pakpahan secara resmi dilantik dan dikukuhkan oleh Ketua Pengurus Daerah IPI Provinsi Kalimantan Tengah, Yose Hernando. Selain itu, kegiatan pelantikan dan pengukuhan dihadiri oleh Pejabat Eselon III, Pejabat Struktural dan Pejabat Fungsional di Lingkungan DPK Kobar. 

“Selamat bertugas serta sukses kepada Pengurus Daerah IPI Kabupaten Kotawaringin Barat periode 2022-2025. Diharapkan dukungan Kadis DPK Kobar agar dapat memfasilitasi kegiatan Pengurus Daerah IPI Kabupaten Kotawaringin Barat,” ungkapnya.

Selain itu, Ketua Pengurus Daerah IPI Kabupaten Kobar, Imelda Nuralam Pakpahan dalam sambutannya menyampaikan bahwa tujuan IPI yakni mengembangkan profesionalisme pustakawan Indonesia, mengembangkan ilmu perpustakaan dan informasi, serta mengabdikan dan mengamalkan tenaga maupun keahlian pustakawan untuk bangsa dan negara.

“Organisasi Profesi IPI yang baru lahir di Kabupaten Kotawaringin Barat ini dapat membantu tugas dan fungsi dalam bidang perpustakaan maupun informasi yang ada di DPK Kobar,” kata Imelda.

Kepala DPK Kobar, M. Rosihan Pribadi dalam sambutannya mengucapkan selamat atas telah dilantiknya dan dikukuhkan Pengurus Daerah IPI Kabupaten Kobar periode 2022-2025.

“Menyikapi kondisi dua tahun terakhir bahwa pembangunan bidang perpustakaan dan informasi di Kobar sangat terdampak pandemi, untuk itu sebagai ujung tombak para pustakawan dan pengelola perpustakaan tidak boleh berhenti dan harus bergerak memfasilitasi dan mendukung dalam penyediaan sumber pembelajaran sepanjang hayat,” ungkap Rosihan.

“Oleh karena itu, sebagai organisasi yang baru terbentuk seyogyanya sebelum berperan ke masyarakat, lakukanlah konsolidasi organisasi terlebih dahulu agar terbentuk Tim yang solid,” tambah Rosihan. (dpk kobar)