Pelantikan dan Pengambilan Sumpah/Janji Penyetaraan Jabatan Administrasi di Lingkup Pemkab Kobar

Bupati Kobar membacakan sumpah janji penyetaraan jabatan administrasi di aula Bupati, Jumat (31/12/2021).

MMC Kobar – Sebanyak 357 orang ASN di lingkup Pemerintah Daerah Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) dilantik dan diambil sumpah/ janji Penyetaraan Jabatan Administrasi di Aula Kantor Bupati pada Jumat (31/12). Acara yang dibuka oleh Bupati Kobar Hj Nurhidayah ini dilakukan secara hybrid (luring dan daring) oleh semua ASN yang dilantik. Acara ini juga dihadiri oleh Ketua DPRD, Sekda, para Asisten dan Staf Ahli, kepala SOPD serta tamu undangan lainnya.

Pelantikan dan pengambilan sumpah/janji penyetaraan jabatan administrasi ini merupakan tindak lanjut dari mandat Presiden Joko Widodo dalam pidato kenegaraan pada tanggal 20 Oktober 2019 tentang Penyederhanaan Birokrasi guna meningkatkan efektivitas, efisiensi dan dinamisasi kinerja penyelenggaraan pemerintahan tahun 2021. Dengan adanya mandat tersebut dikeluarkan Permenpan RB Nomor 28 tahun 2020 tentang Jabatan Fungsional Analis Standarisasi dan Permenpan RB Nomor 17 tahun 2021 tentang Penyetaraan Jabatan Administrasi ke Jabatan Fungsional.

(Baca Juga : Ruang VIP Paviliun Beringin Lantai 5 RSSI Pangkalan Bun Mulai Beroperasi)

Penyederhanaan birokrasi menjadi penting karena struktur organisasi mencerminkan strategi dalam pencapaian goal suatu organisasi. Besarnya suatu struktur birokrasi dapat memperlambat kegiatan dan mempengaruhi kinerja suatu birokrasi. Semakin besar dan panjang suatu birokrasi, semakin rumit pelayanan kita kepada masyarakat dan ini akan berdampak pada pos-pos pengeluaran bagi pemerintah.

Dalam sambutannya Hj Nurhidayah mengucapkan selamat kepada ASN yang telah dilantik. “Saya yakin dan percaya bahwa saudara akan mampu melaksanakan tugas dan tanggung jawab yang dipercayakan oleh pemerintah daerah dengan sebaik-baiknya,” kata Hj Nurhidayah.

“Semoga dalam menjalankan amanah dan berbagai aktivitas pengabdian kepada masyarakat, bangsa dan negara, kita senantiasa mendapatkan bimbingan, perlindungan dan ridho Allah Subhana wa Ta’ala, Tuhan Yang Maha Esa,” tandasnya. (dessy/editor : mri)