Pasar palagan Sari, Jadi Pusat Penjualan Ternak

MMC Kobar - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kotawaringin Barat (Kobar) dalam waktu dekat ini akan menyulap Pasar Palagan Sari menjadi pusat penjualan hewan ternak, hal itu guna membantu para peternak dalam menjual hewan ternaknya.

Bupati Kobar Hj Nurhidayah mengatakan pasar khusus untuk penjualan hewan ternak seperti sapi dan kambing akan menggunakan areal parkiran yang ada di kawasan Pasar Palagan Sari Pangkalan Bun.

(Baca Juga : Tingkatkan Kompetensi, Dispar Gelar Bimtek Kopi)

"Sebentar lagi kan kita akan memasuki Idul Adha, untuk memenuhi hewan untuk berkurban pasti masyarakat akan membeli hewan untuk kurban itu, maka Pemkab Kobar akan menyediakan areal untuk penjual hewan kurban tersebut di Pasar Palagan Sari, tepatnya di lokasi parkir yang memang sudah tersedia sangat luas,” kata Bupati Kobar Hj Nurhidayah saat meninjau Pasar Palagan Sari.

Menurut Bupati, nantinya Pemkab Kobar akan melibatkan asosiasi ternak agar melalui asosiasi ini mengarahkan kepada pemilik ternak untuk menjual hewan ternaknya khsusunya hewan untuk berkurban di Pasar Palagan Sari ini.

"Selama ini kan para pemilik ternak pada saat menjual hewan untuk berkurban, mereka berjualan di pinggir jalan dan lokasinya berpencar pencar, melalui pasar ternak ini, para pemilik ternak bisa terpusat pada satu tempat, hal itu pastinya akan memudahkan pembeli," terang Bupati.

Hal yang lebih menarik lagi tambah Bupati, nantinya di pasar ternak itu akan di gelar festival ternak, hal itu guna memberikan motivasi kepada pemilik ternak bagaimana cara memelihara ternak yang berkualitas baik. Sebab nantinya juga dalam festival itu akan ada ternak sapi milik beberapa perusahaan seperti CBI dan PT Astara Agro Lestari.

"Di pasar Palagan Sari ini, saat ini kan sudah kita siapkan areal khusus pecinta burung, seiring dengan itu nantinya juga pasar burung yang ada di samping kantor Kelurahan Baru akan kita pindah disini, Pasar Palagan Sari, maka kedepannya akan ramai, selain memang disini pasar untuk menjual sayur mayur, ikan dan lain sebagainya, disini juga pusat penjualan hewan ternak," imbuh Bupati. (Humas Diskominfo Kobar)