Panen Padi Seluas 10 Ha, Distan Kobar Apresiasi Poktan Desa Tanjung Putri 

MMC Kobar - Selasa (12/02) Dinas Pertanian diwakili oleh Kepala Bidang Tanaman Pangan H. Iskandar beserta rombongan menghadiri undangan Temu Tugas Lapangan Kegiatan BPP Kecamatan Arut Selatan sekaligus panen padi di Kelompok Tani (Poktan) Sumber Rejeki yang bertempat di Desa Tanjung Putri. 

Dalam kegiatan ini turut serta hadir Kepala Desa Tanjung Putri Eli Sapitri beserta seluruh anggota Kelompok Tani Sumber Rejeki yang diketuai oleh Ruslan Subekti.

(Baca Juga : Kabupaten Kobar Selesaikan Pemutakhiran Pendataan Keluarga Tahun 2023)

Kades Tanjung Putri Eli Sapitri mengucapkan banyak terimakasih kepada Pemda Kobar dalam hal ini Dinas Pertanian yang terus memberikan support bantuan kepada para petani yang ada didesa ini untuk terus mengembangkan pertanian khususnya tanaman padi. 

“Kami juga dari desa telah melakukan musyawarah bersama kelompok tani terkait penanganan apa saja yang bisa langkah yang akan dilakukan oleh desa untuk mensuport petani yang ada disini,” kata Eli Sapitri.

Ketua Poktan Sumber Rejeki Ruslan juga menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada Dinas Pertanian yang selalu mendukung kelompok taninya dalam hal sarana dan sarana pengembangan pertanian khususnya tanaman padi ini selama ini.

“Kami juga berharap pertanian di Desa Tanjung Putri ini semakin meningkat,” tutur Ruslan.

Luas tanaman padi yang akan dipanen padi sebesar 10 Ha. Tanaman padi seluas 10 Ha merupakan swadaya masyrakat Tanjung Putri itu sendiri, sementara seluas 5 Ha merupakan program bantuan dari Dinas Pertanian tahun 2023. 

Pada Tahun 2023 masa tanam Oktober 2023 – Maret 2024 terima paket pengembangan padi sawah seluas 5 Ha yang mana ada benih padi 125 kg, herbisida 20 liter, Kaptan 1.250 kg.

Kepala Dinas Pertanian melalui Kepala Bidang Tanaman Pangan Iskandar menyampaikan ucapan terima kasih atas sambutan yang telah diberikan kepada. Iskandar berpesan agar bisa saling berkomunikasi dengan baik menjalin kerjasama untuk meningkatkan perkembangan pertanian khususnya tanaman pangan di Desa Tanjung Putri ini. 

“Baik Pemerintah Kabupaten melalui Dinas Pertanian, BPP Arut Selatan dan Desa Tanjung Putri agar dicapai kesepakatan apa saja langkah yang harus dilakukan agar selaras dengan program dari pemerintah pusat. Maka perlu adanya apresiasi dan support penuh dari stackholder terkait agar kesejahteraan warga masyarakat khususnya petani dalam hal ini petani padi  juga semakin meningkat,” pesan Iskandar.

Iskandar menambahkan, Desa Tanjung Putri juga merupakan salah satu lumbung pangan yang ada di Kabupaten Kobar. Ini yang harus dijaga dan didukung petaninya agar bisa lebih maju dan semangat lagi dalam bertani khususnya pengembangan tanaman padi. (distan kobar)