Optimalisasi Pajak Daerah, Bapenda Kobar Lakukan Kaji Tiru ke Bappenda Kotim

Kepala Bapenda Kobar beserta rombongan diterima Kepala Bappenda Kotim di ruang rapat dalam rangka kaji tiru pengelolaan pajak daerah, Sampit, Selasa (11/08).

MMC Kobar - Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), melakukan Kaji Tiru Pengelolaan Pajak Daerah ke Badan Pengelola Pendapatan Daerah (Bappenda) Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), Selasa (11/8).

Bapenda Kobar melihat potensi pengelolaan pajak daerah di Bappenda Kotim mengalami banyak kemajuan. Atas dasar penilaian tersebut Bapenda Kobar melakukan kaji tiru guna optimalisasi pajak daerah, serta menggali potensi penerimaan dari objek pajak baru yang dapat menambah pundi-pundi penerimaan pajak daerah di Kobar.

(Baca Juga : APG 2018 Merupakan Ajang Perayaan Memupuk Prestasi dengan Persaudaraan dan Kemanusiaan)

Rombongan Bapenda Kobar disambut hangat oleh Kepala Bappenda Kotim yang diwakili oleh Kepala Bidang Pendaftaran, Pendataan, Pengolah Data dan Dokumentasi, Gusti Mukafi. Gusti Mukafi dalam sambutannya mengatakan bahwa pihaknya sangat senang dengan kehadiran rombongan Bapenda Kobar ke Bappenda Kotim.

“Mengingat sama-sama sebagai koordinator penerimaan Pendapatan Asli Daerah (PAD) bisa saling sharing pengalaman dalam pengelolaan pajak daerah dan berharap sepulang dari sini Bapenda Kobar mendapatkan banyak pembelajaran,” ujar Gusti Mukafi.

Kegiatan ini fokus kepada pengelolaan penerimaan Pajak Penerangan Jalan (PPJ) yang dikelola oleh pihak swasta untuk keperluan sendiri. Selain itu juga Bapenda Kobar melihat peluang optimalisasi pajak daerah yang telah dilakukan Bappenda Kotim dalam pengelolaan Pajak Hotel, Pajak Restoran, Pajak Hiburan dan Pajak Parkir yang menerapkan Tapping Box ataupun pencatatan transaksi dengan metode lain secara Online Host to Host antara Wajib Pajak dan Bappenda Kotim.

“Banyak pembelajaran yang kita dapat dari Bappenda Kotim selain PPJ, kita sekaligus melihat penerapan Tapping Box pada Pajak Hotel dan Pajak Restoran. Kedepan akan kita coba terapkan di Kobar untuk membantu dalam peningkatan pajak daerah terlebih khusus dalam penanganan Pajak Hotel, Pajak Restoran dan PPJ,” kata Kepala Bapenda Kobar, Molta Dena.

Kegiatan ini diharapkan menjadi ajang silaturahmi antara Bapenda Kobar dan Bappenda Kotim dalam peningkatan pajak daerah. Bapenda Kobar akan terus melakukan kaji tiru kepada daerah lain dalam pengelolaan pajak daerah, mengingat masih pajak potensi pajak daerah yang belum dapat dimaksimal penerimaannya.

Dengan pajak Kobar Jaya. Orang bijak taat bayar pajak. (bapenda kobar)