Mulai Arus Balik Hingga Akhir Mei 2023, Sebanyak 5.637 Penumpang Turun di Pelabuhan Penyeberangan Kumai

Kedatangan penumpang KMP. Kalibodri di Pelabuhan Penyeberangan Kumai, Selasa (23/05/2023). (foto : dishub kobar)

MMC Kobar - Arus balik momen Idul Fitri 1444 H terhitung mulai H+6 hingga akhir Mei 2023 terdata sebanyak 5.637 orang penumpang tiba/turun di Pelabuhan Penyeberangan Kumai. Penumpang tersebut tiba dengan menggunakan KMP Kalibodri dari Pelabuhan Kendal Jawa Tengah.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) melalui Pengawas Kegiatan Kepelabuhanan di UPT Pelabuhan Penyeberangan Kumai Joko Koco Sucipto melaporkan, sejak dimulainya arus balik Idul Fitri 1444 H hingga akhir bulan Mei 2023, penumpang dan kendaraan yang datang memadati Pelabuhan Penyeberangan Kumai. 

(Baca Juga : 12 Personil Linmas Desa Sei Bedaun Diberikan Pelatihan Dasar Penanggulangan Bencana Karhutla )

“Terdata sebanyak 5.637 orang penumpang datang di pelabuhan penyeberangan Kumai dengan menggunakan KMP Kalibodri dari Pelabuhan Kendal Jawa Tengah dengan trip kedatangan sebanyak 7 kali selama arus balik hingga akhir bulan Mei 2023,” ungkap Joko, Rabu (7/6).

Petugas UPT. Pelabuhan Penyeberangan Kumai Dishub Kobar melakukan pengecekan tiket dan dokumen kendaraan yang tiba di Pelabuhan Penyeberangan Kumai, Selasa (16/05/2023). (foto : dishub kobar)

Joko merincikan, selain penumpang, ada juga kendaraan yang turun dari 7 kali trip kedatangan KMP Kalibodri dari Pelabuhan Kendal tersebut dengan jumlah 485 unit dengan berbagai jenis dan golongan kendaraan.

“Selain penumpang dan kendaraan yang turun atau tiba, ada pula penumpang dan kendaraan yang berangkat dari pelabuhan penyeberangan Kumai dari 7 trip KMP Kalibodri terdata sebanyak 229 orang penumpang dan 95 unit kendaraan,” terang Joko.

KMP Kalibodri yang saat ini beroperasi melayani rute Pelabuhan Penyeberangan Kumai – Pelabuhan Kendal Jawa Tengah mulai diminati dan menjadi alternatif untuk masyarakat. Tentunya UPT Pelabuhan Penyeberangan Kumai akan terus berbenah dalam meningkatkan infrastruktur dan memberikan pelayanan yang optimal kepada masyarakat. (vgs/dishubkobar)

Petugas UPT. Pelabuhan Penyeberangan Kumai Dishub Kobar melakukan pengawasan dan pengendalian penumpang yang turun dari KMP. Kalibodri di Pelabuhan Penyeberangan Kumai, Sabtu (27/05/2023). (foto : dishub kobar)