Mewakili Bupati Kobar, Badan Kesbangpol Hadiri Pembukaan Rakorda DPD Partai Nasdem

Kaban Kesbangpol Kobar Edie Faganti saat memberikan sambutan pada acara Rakorda DPD Partai Nasdem di Hotel Arsela, Sabtu (19/2).

MMC Kobar – Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) mewakili Bupati Kobar menghadiri Pembukaan Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda) Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Nasdem (Kobar) di Hotel Arsela pada Sabtu (19/2). Acara tersebut digelar dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat dengan jumlah peserta yang terbatas karena saat ini masih pandemi Covid-19. Hal itu dilakukan sebagai upaya mendukung pemerintah, untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Rakorda DPD Partai Nasdem di Kobar merupakan rangkaian dari rakorda dari Dapil 3 Kalteng, dimulai dari Rakorda Lamandau dan Rakorda Sukamara. Kemudian di Kobar saat ini. Hal ini merupakan wujud DPD Partai Nasdem dalam mempersiapkan kemenangan pemilu serentak pada tahun 2024.

(Baca Juga : TRC BPBD Kobar Turut Serta Evakuasi Pohon Tumbang di Jalan Pakunegara Pangkalan Bun)

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kobar Edie Fagnti dalam sambutannya mengatakan bahwa peran partai politik dewasa ini sangat diperlukan dalam sistem politik bangsa dan bernegara saat ini, karena menjadi poros penting dalam demoraksi. Partai politik, lanjut Edie, tidak hanya menjadi saluran partisipasi politik warga negara, tetapi juga mengintegrasikan para individu dan kelompok dalam masyarakat kedalam sistem politk.

Kaban Kesbangpol Kobar Edie Faganti duduk bersama Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai NasDem Kalteng Hj. Faridawaty Darlan Atjeh pada acara Rakorda DPD Partai Nasdem di Hotel Arsela, Sabtu (19/2).

“Proses politik demokrasi dimulai dengan perekrutan anggota pengurus dan acara rakorda partai seperti ini atau dengan nama musyawarah lainnya sebagai media ajang untuk melihat potensi anggota partai yang mempunyai potensi kepemimpin yang diperlukan oleh partai itu sendiri, dengan mengedepankan kebutuhan serta tuntutan pemimpin yang dinginkan oleh masyarakat saat ini,” kata Edie.

Edie menambahkan, Pemerintah Daerah telah memberikan Hibah Bantuan Keuangan Partai Politik dari Rp. 10.000,- per suara menjadi Rp.15.000,- per suara. Bantuan ini diharapkan agar betul-betul dimanfaatkan sesuai ketentuan untuk pendidikan politik bagi anggota dan masyarakat serta untuk operasional sekretariat, juga di masa pandemi kewajiban dari sebagian dana hibah juga digunakan untuk penanggulangan bencana non alam (Covid-19) di lingkungan anggota parpol dan masyarakat.

“Badan Kesbangpol Kobar selaku kepanjangan tangan Bupati tidak berpihak kepada satu partai manapun. Kami berdiri bersama-sama di tengah semua partai demi suksesnya pemilu serentak tahun 2024, yang persiapannya sudah dimulai dari sekarang, dimana sekitar bulan Agustus 2022 sudah masuk tahapan pendaftaran parpol pemilu 2024, baik dukungan dana, aturan serta mendukung perolehan suara sebanyak-banyaknya semua peserta Pemilu nantinya secara transparan, jujur dan adil,” ungkapnya.

“Kami dari Badan Kesbangpol Kobar, saat rangkaian panjang pelaksanaan pemilu serentak akan lebih intensif berkordinasi dengan semua partai peserta pemilu, juga institusi seperti KPU, Bawaslu juga Panwaslu dan pihak TNI/Polri demi suksesnya pelaksanaan Pemilu serentak tersebut,” pungkasnya.

Rakorda DPD Partai Nasdem di Kabupaten Kotawaringin Barat dihadiri Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai NasDem Kalteng, Hj. Faridawaty Darlan Atjeh, Pengurus DPD dan DPC Partai Nasdem se-Kabupaten Kobar, Perwakilan Partai Politik se-Kabupaten Kobar.
(Humas Kesbangpol)