Meriahkan Haul Akbar, Pasar Berkah Kyai Gede Resmi Dibuka

Suasana Pembukaan Pasar Berkah Kyai Gede ke - 1 Tahun 2020, Sabtu (14/03).

MMC Kobar - Sehari menjelang pelaksanaan Haul Akbar Kyai Gede ke - 12 Tahun 2020, yang akan dilaksanakan Minggu (15/3) Pemerintah Kecamatan melalui Kelurahan dan Panitia Haul Kabar menggelar Pasar Berkah Kyai Gede ke – I.

Sesuai dengan himbauan Bupati Kotawaringin Barat (Kobar) bahwa dalam pelaksaaan haul ini agar para pedagang/UMKM dapat dikelola dengan baik. Dengan potensi jamaah haul yang kemungkinan sangat banyak yang akan hadir, maka akan membawa manfaat yang besar pula bagi masyarakat sekitar, terutama sektor ekonomi dan dalam rangka menunjang sektor pariwisata.

(Baca Juga : Penerimaan Calon Anggota Polri Secara Terpadu, Polres Kobar Gandeng Disdukcapil)

Lurah Kotawaringin Hulu, Nusriadi (Ego) selaku koordinator pengawasan/ penertiban pedagang dala panitia Haul Kyai Gede tahun ini berinisiatif melaksanakan pasar dengan harapan menjadi satu rangkaian kegiatan tahunan yang beriringan dengan kegiatan Haul Kyai Gede dalam pelaksanaanya.

“Pasar Berkah Kyai Gede ke I walaupun event pasar malam/UMKM pertama kalinya di gelar di Kecamatan kotawaringin Lama, namun suasana tampak ramai dan meriah. Hal ini terbukti dengan adanya 135 Lapak pedagang yang terdiri dari 75 lapak kuliner dan 60 lapak non kuliner. Pasar ini digelar di sepanjang Jalan Merdeka atau sepanjang jalan depan Masjid Kyai Gede /Astana Alnursari, mulai hari ini Sabtu (14/3) hingga besok Minggu (15/3),” terang Jelas Nusriadi kembali.

Sementara itu Kepala Dinas PerindustrianPerdaganganKoperasi, Usaha Kecil dan Menengah (Disperindagkop UKM) Kobar, Muhammad Yadi yang juga hadir dalam pembukaan menyampaikan bahwa pemerintah daerah mendorong pelaksanaan pasar ini semoga bisa dilaksanakan secara rutin dalam sebulan atau tiga bulan sekali.

Yadi juga menyarankan agar para pedagang memperhatikan segi perlindungan konsumen, terutama penyedia kuliner lebih memperhatikan kebersihan bahan maupun penyajiannya.

Pasar Berkah Kyai Gede pada hari ini Sabtu (14/03) secara resmi dibuka oleh Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Kobar mewakili Bupati. Kepala Dinas Pariwisata, Wahyudi menyampaikan penghargaan pemerintah daerah terhadap pelaksanaan pasar ini.

”Alhamdulillah walaupun pertama kali digelar namun sangat meriah, dalam rangka memberikan pelayanan kepada tamu dan jamaah haul mulai hari ini hingga besok. Hal ini perlu dikembangkan secara bertahap terutama sebagai penunjang kecamatan kotawaringin lama yang merupakan kecamatan yang memiliki destinasi wisata yang lengkap, mulai dari wisata religi, wisata alam, adat istiadat dan budaya,” tutur Wahyudi dalam sambutannya.

Camat Kotawaringin Lama, Nahwani juga menyampaikan bahwa dengan adanya pasar berkah Kyai Gede ini atas nama pemerintah kecamatan sangat mengapresisasi inisiatif kelurahan dalam rangka memeriahkan haul akbar, dengan harapan dapat menambah semarak event Haul Kyai Gede Ke 12 Tahun 2020.

“Semoga dalam setiap moment haul dapat dilaksanakan dan ditingkatkan lagi, sehingga dapat membawa berkah juga bagi masayarakat yakni pergerakan ekonomi  dalam hal menambah penghasilan bagi pedagang/UMKM terutama masyarakat ekonomi menengah kebawah,” tutup Nahwani. (kec-kolam)