Dinkes Sosialisasikan Germas

Sosialisasi gerakan masyarakat hidup sehat (Germas) yang dikemas dalam kegiatan senam massal dan bersepeda sehat, digelar oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Kotawaringin Barat, Jum'at (28/9). (Humas Diskominfo Kobar)

MMC KOBAR -  Dinas Kesehatan Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), Jumat (28/9) menggelar kegiatan sosialisasi implementasi Inpres No 1 Tahun 2017 tentang Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas). Kegiatan sosialisasi yang  dikemas dalam kegiatan senam massal dan bersepeda sehat tersebut dihadiri Pj Sekda Kobar Suyanto.

Menurut Kadis Kesehatan Kabupaten Kobar dr Dwi Ratna Soeryandari, kegiatan senam massal dan bersepeda sehat ini selain bersosialisasi tentang Germas juga dalam rangkaian kegiatan HUT Kobar ke-59 yang jatuh pada tanggal 3 Oktober.

(Baca Juga : Kobar Masuk Dalam 9 Kawasan Industri Yang Diprioritaskan dalam RPJMN 2020-2024)

"Gerakan masyarakat hidup sehat ini sangat penting kita sosialisasikan karena saat ini tengah ngetrennya pergeseran dari penyakit menular ke penyakit yang tidak menular seperti tekanan darah tinggi, stroke, stress, sehingga kami ingin mengajak agar bisa melakukan pola hidup sehat," kata dr Dwi Ratna Soeryandari, Kadis Kesehatan Kobar usai acara senam massal dan pelepasan giat gowes.

Menurutnya lagi, untuk mengantisipasi penyakit yang sedang ngetren tapi tidak menular tersebut, diharapkan kepada seluruh jajaran SKPD dan masyarakat agar bisa merubah pola hidup, yakni dengan melakukan senam peragaan setiap pukul 10.00 WIB, hidangan snack dengan buah dan secara rutin cek kesehatan.

Dijelaskannya, penyakit yang tidak menular tapi sering menyerang manusia dewasa, seperti tekanan darah tinggi atau mudah stress itu diakibatkan datangnya dari berbagai pengaruh lingkungan, bahkan disemua masing-masing bidang kerja manusia.

"Sekarang ini akibat alat disemua bidang semakin canggih, termasuk alat komunikasi yang semakin cepat, baik itu bidang pemerintahan, ekonomi, hukum, kesehatan, arsitek, jurnalis, dan lain sebagainya, maka akan mudah menyerang  syaraf dikepala, yang pada akhirnya tekanan darah semakin tinggi hingga mudah stress,” ujarnya.

Untuk menghindari serangan penyakit tersebut, bagi jajaran ASN dan pegawai swasta, harus rutin melakukan senam sekitar Pukul 10.00 WIB dan merubah pola makan sehat.

Sementara itu, Pj Sekda Kobar Suyanto mengapresiasi kegiatan sosialisasi gerakan masyarakat hidup sehat karena hal kecil yang selalu dilupakan ternyata bisa berdampak fatal untuk kesehatan.

"Melalui gerakan masyarakat hidup sehat, maka diharapkan kita semua bisa merubah pola hidup dan pola makan yang sehat, memang sangat sederhana untuk bisa hidup sehat tapi kadang terlupakan, misalnya melakukan senam dan menjaga pola makan saja kadang kita lupa, semoga melalui sosialisasi ini tidak ada kata terlambat untuk memulai yang hal yang baik," kata Pj Sekda Kobar Suyanto. (Humas Diskominfo Kobar)