Menuju PAUD Berkualitas, Bunda PAUD Kabupaten Kobar Bentuk Pokja

Usai pengukuhan, Bunda PAUD Kabupaten Kobar, Mina Irawati Ahmadi Riansyah berfoto bersama Kelompok Kerja Bunda PAUD pada Rabu (30/9).

MMC Kobar – Dalam rangka mewujudkan Program Nasional dalam gerakan PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) berkualitas, Bunda PAUD Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) mengukuhkan Kelompok Kerja (Pokja) Bunda PAUD periode 2020-2021 di aula gedung PKK Kobar pada Rabu (30/9).

Dalam sambutannya Bunda PAUD Kobar, Mina Irawati Ahmadi Riansyah mengatakan bahwa PAUD memiliki peran yang strategis dalam pengembangan sumber daya manusia Indonesia, untuk itu pengembangan PAUD di suatu daerah memiliki peran yang penting. 

(Baca Juga : DLH kobar Lakukan Pembinaan dan Pelatihan Bank Sampah bagi UMKM dan Karang Taruna di Kecamatan Pangkalan Lada)

"Demi mensukseskan program gerakan Nasional PAUD yang berkualitas, maka kami pun telah mengukuhkan Kelompok Kerja Bunda PAUD tahun 2020. Dimana kelompok kerja ini baru pertama kali dibentuk di Kobar. Kelompok kerja ini merupakan mitra kerja dalam pengembangan PAUD," ujar Mina Irawati yang juga selaku Ketua TP PKK Kabupaten Kobar. 

Keberadaan PAUD sendiri menurut Isteri Wakil Bupati Kobar ini, merupakan wadah untuk memaksimalkan pencapaian tumbuh kembang anak, sehingga kelak anak-anak penerus bangsa akan menjadi modal pembangunan yang memiliki daya saing tinggi, sehingga mampu membawa Indonesia menjadi negara bermartabat sejajar dengan negara-negara lain. 

"Dan menyikapi pentingnya PAUD, maka Pemerintah pun terus mendorong akan kesadaran dan partisipasi seluruh lapisan masyarakat untuk menghadirkan layanan PAUD berkualitas. Sebab mengingat besarnya tantangan yang dihadapi, pemerintah membutuhkan dukungan semua pihak," ujar Mina Irawati. 

Dimana menurutnya salah satu yang sangat strategis adalah dukungan dan peran Bunda PAUD, mulai dari tingkat nasional sampai tingkat desa/kelurahan, sebagai motor Gerakan Nasional PAUD Berkualitas. 

"Saya sangat menyambut baik dengan terbentuknya kelompok kerja PAUD, hal ini dalam rangka mendorong peran aktif dan memberikan motivasi kepada lembaga PAUD yang menyelenggarakan layanan PAUD di Kabupaten Kotawaringin Barat," imbuhnya. 

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kobar melalui Kabid PAUD dan PNF, Rahmad Trisdjanto yang hadir pada acara pengukuhan menyampaikan ucapan selamat atas dilantiknya Pokja Bunda PAUD Kabupaten Kobar periode 2020 – 2022 ini.

“Selamat dan sukses atas dilantiknya Pokja Bunda PAUD Kabupaten Kobar periode 2020-2022. Diharapkan Pokja Bunda PAUD ini bisa menjadi katalisator dalam mempercepat terwujudnya pendidikan anak usia dini yang lebih berkualitas di masa akan datang, sehingga pada akhirnya dapat meningkatkan APK PAUD menjadi lebih baik lagi,” ucap Rahmad.

Untuk sekretariat kelompok Kerja PAUD sendiri, lanjut Mina Irawati, berada di Rumah pintar Borneo Gemilang, dimana keberadaan rumah pintar merupakan program TP PKK Kobar yang baru dibuka 1 tahun yang lalu. 

"Rumah pintar atau rumah baca Borneo Gemilang ini selalu menerima kunjungan dari anak anak pelajar, baik dari PAUD sampai tingkat SMA. Namun untuk saat ini atau sejak Pandemi Covid-19 sementara kunjungan diliburkan, karena anak anak sekolah pun melalui dalam jaringan," ujarnya. 

Namun demikian, lanjutnya, karena saat ini telah memasuki masa new normal, maka pihaknya tengah mempersiapkan perlengkapan pendukung protokol kesehatan didalam rumah pintar Borneo Gemilang.  (humas diskominfo kobar)