Mahasiswa KKN Untama Gandeng Disperindagkop UKM Kobar Gelar Sosialisasi Inovasi dan Kemasan bagi Pelaku UMKM

Mahasiswa Untama bersama dengan pelaku umkm

MMC Kobar - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Antakusuma (Untama) menggelar Sosialisasi Inovasi dan Kemasan bagi Pelaku UMKM di Mendawai Seberang. Kegiatan ini digelar di Aula Kelurahan Mendawai Seberang, Kecamatan Arut Selatan pada Senin (15/8).

Dosen Pembimbing Lapangan KKN Untama di Kelurahan Mendawai Seberang, Ria Septiani,S.E., M.Ak. mengatakan bahwa kegiatan ini dilakukan sebagai salah satu bukti pengabdian Untama untuk meningkatkan dan mengembangkan kapasitas pelaku UMKM. Ia juga menjelaskan pentingnya strategi branding dalam meningkatkan kapasitas penjualan suatu produk.

(Baca Juga : Sejumlah Barista di Kobar Ikuti Bimtek Kewirausahaan IKM Kopi)

“Karena saya melihat produknyang dihasilkan di Kelurahan Mendawai Seberang ini masih sederhana sekali. Perlu adanya inovasi dalam segi kemasan, terutama dalam hal pelabelan dan sebagainya,” ujarnya.

Acara sosialisasi ini dibuka dengan sambutan oleh Kepala Lurah Mendawai Seberang M. Mapro Hapazi Hadi. “Harapan saya kepada peserta untuk bisa mengikuti kegiatan ini supaya usaha anda sekalian bisa maju dan berkembang,” ujar Mapro Hapazi.

Narasumber dalam kegiatan sosialisasi inovasi dan packaging ini dari Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil Menengah (Disperindagkop UKM) Rita Novianti, S.T dan Aditya Ferry Subiyantoro S.AB. Adapun materi yang disampaikan adalah pembahasan tentang strategi branding produk serta aspek legal/perijinan.

“Kami tahu bahwa di Mendawai Seberang sebernya memiliki potensi terutama amplang ikan haruan, hanya saja masih banyak yang belum tahu. Jadi tugas kami adalah memberikan edukasi akan pentingnya branding untuk mengenalkan produk dan meningkatkan kapasitas usaha mereka,” ujar Rita.

Peserta yang mengikuti kegiatan sosialisasi ini diikuti oleh pelaku UMKM dari beberapa RT di Kelurahan Mendawai Seberang yang berjumlah 20 orang peserta. (aditya/disperindagkop ukm kobar)