Layanan Mobil Pusling Dispursip Kobar Kunjungi Pemustaka di SDN 1 Penyombaan dan SDN 1 Sambi

Layanan MPK di SDN 1 Penyombaan dan SDN 1 Sambi

MMC Kobar - Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dipursip) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) memiliki salah satu layanan yang mobile/ bergerak dari satu wilayah ke wilayah lain yaitu Layanan Mobil Perpustakaan Keliling. 

Pada Senin (18/09) dan Selasa (19/09) layanan mobil perpustakaan keliling mendatangi anak-anak yang ada di SD Negeri 1 Penyombaan dan  SD Negeri 1 Sambi Kecamatan Arut Utara. 

(Baca Juga : Pemkab Kobar Terima Bantuan 400 Paket Sembako dari BRI KCB Pangkalan Bun)

Setiap kali Mobil Perpustakaan Keliling dan Tim Pustakawan Dispursip Kobar dating, selalu disambut dengan antusias dan sukacita oleh anak didik dan segenap warga sekolah. Kadang perjalanan untuk sampai ke sekolah/ lokasi yang dituju melewati medan yang susah dan melelahkan seperti ketika mendatangi wilayah Penyombaan dan sambi ini. 

Pada Layanan Mobil Perpustakaan Keliling di SD Negeri 1 Penyombaan diikuti lebih dari 30 anak dan   SD Negeri 1 Sambi Kecamatan Arut Utara diikuti lebih dari 40 anak.

“Semua masyarakat Kotawaringin Barat berhak mendapatkan layanan perpustakaan. Bagi wilayah yang berlokasi jauh dari kota dapat memanfaatkan kedatangan Layanan Mobil Perpustakaan ataupun perpustakaan desa/kelurahan yang sudah memiliki perpustakaan,” ujar Rosihan Pribadi, Kadispursip Kobar.

Kepala Bidang Pengembangan Perpustakaan dan Pembudayaan Kegemaran Membaca (P3KM) Achmad Zulkarnain menambahkan, layanan mobil perpustakaan keliling rutin mendatangi anak-anak/masyarakat di desa-desa dan kecamatan. “Tujuannya mendekatkan layanan perpustakaan dan meningkatkan kegemaran membaca masyarakat,” kata Zulkarnain.

Berdasarkan data periode Januari-Agustus Tahun 2023 sudah tercapai sebanyak 27 titik lokasi Layanan Mobil Perpustakaan Keliling  terdiri dengan rincian 2 desa/ kelurahan, 21 SD/MI, 2 SMP/ MTs. dan 2 SMA/Kejuruan. (dispursip kobar)