Launching Koleksi Buku Baru Dispursip, Pj Bupati Kobar Ajak Masyarakat Tingkatkan Minat Baca

MMC Kobar – Koleksi buku di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispursip) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) kini bertambah menjadi 12.339 judul dan 29.864 eksemplar. Di tahun 2022 ini Dispursip mengadakan tambahan buku 602 judul dari 1.208 eksemplar.

Tambahan buku tersebut di-launching yang dirangkai dengan lomba story telling bagi guru TK/PAUD dan ibu rumah tangga se-Kobar pada Senin (12/12). Dilaksanakan di halaman kantor Dispursip, kegiatan ini dihadiri Penjabat (Pj) Bupati didampingi Pelaksana tugas (Plt) Sekretaris Daerah kabupaten. 

(Baca Juga : Pemkab Kobar Salurkan Bantuan untuk Masyarakat Terdampak Banjir di Kecamatan Arut Selatan)

Pj Bupati Anang Dirjo menyampaikan bahwa kekayaan koleksi buku di dispursip ini memiliki peran penting mengingat perpustakaan merupakan pusat kegiatan membaca sebagai jembatan penguasaan ilmu pengetahuan. 

“Memang saat ini informasi bisa didapatkan dari mana saja dan kapan saja melalui internet. Namun jika kita berkunjung ke perpustakaan, bermacam ilmu pengetahuan bisa kita dapatkan dengan nuansa yang berbeda,” kata Anang Dirjo. 

Anang Dirjo mengapresiasi inovasi yang dilakukan Dispursip Kobar, salah satunya ialah pengembangan buku elektronik. Layanan e-book bisa diakses melalui website perpusda.kotawaringinbarat.go.id. 

Dalam kesempatan ini, Anang Dirjo juga mengingatkan seluruh yang hadir untuk terus meningkatkan minat baca. 

“Suatu tindakan yang keliru jika kita tidak menanamkan budaya membaca. Dengan berkembangnya era globalisasi sebagai negara berkembang kita harus mampu menyesuaikan diri dengan timbulnya ledakan informasi,” ujar Anang Dirjo. (rib/prokom setda)