Kunjungan Kerja DPK Kabupaten Pulang Pisau ke DPK Kobar

Kunjungan kerja DPK Kabupaten Pulang Pisau ke DPK Kobar dan Pojok Baca Digital

MMC Kobar - Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) pada Kamis (17/2) menerima kunjungan dari DPK Kabupaten Pulang Pisau. Dalam kunjungan tersebut rombongan DPK Pulang Pisau dipimpin oleh Sekretaris Sri Haryanti dengan didampingi Kepala Bidang (Kabid) Pengelolaan Pengembangan Perpustakaan dan Pembudayaan Gemar Membaca dan Pustakawan Ahli Pertama. Kunjungan tersebut disambut secara langsung oleh Kepala DPK Kobar, M. Rosihan Pribadi di ruang kerjanya. 

Sri Haryati menjelaskan bahwa maksud dari kunjungan ini adalah dalam rangka konsultasi dan koordinasi dengan DPK Kobar terkait penyelenggaraan perpustakaan agar bisa diterapkan di DPK Kabupaten Pulang Pisau.

(Baca Juga : Pemkab Kobar Selenggarakan Sosialisasi dan Seleksi Program Pemagangan ke Jepang)

“Adapun hal yang ingin kami koordinasikan dan konsultasikan terkait dengan pembinaan perpustakaan desa, pengembangan perpustakaan dan pelayanan di Perpustakaan Daerah Kabupaten Kotawaringin Barat,” tutur Sri Haryati.

Ditambahkan Sri Haryati, selain pembinaan perpustakaan desa dan pengembangan perpustakaan, pihaknya juga ingin mengetahui bagaimana perpustakaan daerah melakukan pengembangan koleksi digital (e-book) dan pelayanannya, dimana koleksi digital (e-book) menjadi salah satu layanan yang dimiliki oleh perpustakaan daerah.

“Seperti yang kami dapatkan informasi bahwa Kabupaten Kotawaringin Barat telah mendapatkan bantuan Pojok Baca Digital (POCADI),” ujarnya.

“Kami ingin melihat dan meninjau POCADI agar bisa menjadi acuan kami untuk mengembangkan pelayanan terutama layanan e-book. Semoga kami bisa mendapatkan bantuan POCADI seperti di Kabupaten Kotawaringin Barat,” tambahnya.

Lawei selaku Kabid Pengelolaan Pengembangan Perpustakaan dan Pemberdayaan Gemar Membaca DPK Pulang Pisau menyampaikan bahwa pihaknya juga ingin melakukan studi tiru serta mendapatkan informasi terkait bagaimana DPK Kobar melakukan pembinaan ke perpustakaan desa serta pengembangan perpustakaan desa agar dapat berjalan secara maksimal dikala pandemi. 

Kepala DPK Kobar M. Rosihan Pribadi mengatakan bahwa Kabupaten Kobar menjadi salah satu Kabupaten penerima POCADI dari Perpustakaan Nasional RI yang terletak di Taman Kota Manis Pangkalan Bun. Dimana, POCADI merupakan salah satu bentuk kerjasama antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah dalam pemerataan akses layanan perpustakaan kepada seluruh masyarakat.

“Koleksi Digital (e-book) yang ada di POCADI berasal dari konten yang tersimpan pada lokal server dan konten iPusnas, dimana semua koleksinya bisa dipinjam maupun diunduh melalui aplikasi i-Pusnas,” ujar Rosihan. (dpk kobar)