Kucuran Dana PSR Kobar Capai 38,25 Miliar 

Kepala Dinas TPHP Kobar, Ir. H. Kamaludin, MSi saat memberikan sambutan pada kegiatan Bimbingan Teknis Aplikasi PSR Online di Hotel Arsela Pangkalan Bun, Selasa (23/7). (dtphp kobar)

MMC Kobar - Buka Bimbingan Teknis Aplikasi Online Peremajaan Sawit Rakyat pada Selasa (23/7), Kepala Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan (Dinas TPHP) Kabupaten Kobar, Ir. H. Kamaludin, M.Si menjelaskan bahwa pada tahun 2019, Kobar mendapat alokasi anggaran Rp. 38.250.000.000 dengan Target luasan 1.530 Ha.

Bimtek Aplikasi PSR Online ini merupakan terobosan dari dirjenbun dan Badan Penyelenggaraan Dana Peremajaan Sawit Rakyat (BPDPKS) untuk mempercepat proses verifikasi proposal. Bimtek diikuti oleh petugas data dari 5 Koperasi, 6 kelompok tani dan 1 Gapoktan masing-masing 2 orang dengan total jumlah peserta 22 orang. Adapun Narasumber Bimtek PSR Online ini Syarifudin Hidayatulloh, SE, M.Akun dari Dinas TPHP Kobar dan Verifikator Aplikasi dari Disbun Provinsi Kalimantan Tengah.

(Baca Juga : Dikbud Kobar Selenggarakan Pelatihan Penanganan Stunting bagi Guru PAUD)

Kepala Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Kabupaten Kotawaringin Barat, Ir. H. Kamaludin, M.Si berharap dana Peremajaan Sawit Rakyat (PSR) ini nantinya akan dapat memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi peningkatan kesejahteraan petani di Kobar. Selain itu beliau juga berharap kepada semua petani kelapa sawit di Kobar agar dapat memanfaatkan sebaik-baiknya program ini.

“Sektor perkebunan telah memberikan kontribusi besar terhadap Pendapatan Daerah Kabupaten Kotawaringin Barat. Pembangunan perkebunan secara tidak langsung juga memberikan dampak berganda (multiplier effect) terhadap pertumbuhan dan perkembangan ekonomi masyarakat dalam berbagai ragam usaha,”terang Kamaludin.

Luas Perkebunan kelapa sawit di Kabupaten Kobar mencapai 200.000 Hektar, atau hampir seperlima dari luas Kabupaten. Dari luasan tersebut, sekitar 50.000 Ha diantaranya adalah kebun sawit rakyat. (dtphp kobar)