Kotawaringin Barat dan Seluruh Kalteng Deklarasikan Pemilu Damai

MMC Kobar – Sebanyak 13 kabupaten dan 1 kota di Kalimantan Tengah (Kalteng) menggelar kegiatan Jalan Sehat dan Deklarasi Pemilu Damai tahun 2024 secara serentak pada hari Minggu (4/2). Di Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), kegiatan ini dipusatkan di halaman kantor bupati yang dipimpin oleh penjabat (Pj) serta dihadiri oleh Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dan berbagai lapisan masyarakat.

Peserta jalan sehat dari berbagai kalangan memulai perjalanan mereka sejak pagi hari, menempuh jarak sejauh kurang lebih 5 kilometer. Sepanjang jalur perjalanan, para peserta tidak hanya mengkampanyekan gaya hidup sehat, tetapi juga semangat damai dalam pelaksanaan Pemilu.

(Baca Juga : Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Hasil Perhitungan Suara Tingkat PPK Kecamatan Arsel)

Setelah menyelesaikan rute jalan sehat, kegiatan dilanjutkan dengan deklarasi Pemilu Damai yang dilangsungkan secara virtual secara serentak oleh seluruh kabupaten dan kota di Kalteng. Para peserta dari berbagai daerah terhubung melalui zoom meeting untuk menyuarakan komitmen mereka terhadap pemilu yang damai dan berintegritas.

Pj Bupati Budi Santosa mengungkapkan kegiatan ini merupakan upaya bersama untuk menjaga ketertiban dan kedamaian selama proses demokrasi berlangsung. “Melalui partisipasi aktif dalam kegiatan jalan sehat dan deklarasi pemilu damai, masyarakat Kalimantan Tengah menegaskan bahwa mereka siap untuk menjaga suasana yang kondusif dan mengutamakan semangat kebersamaan serta persatuan dalam proses demokrasi,” ujar Budi Santosa.

Perwakilan dari berbagai lembaga, organisasi masyarakat, serta pemangku kepentingan lainnya termasuk para pelajar turut hadir dalam kegiatan ini, memberikan dukungan penuh terhadap upaya memastikan Pemilu 2024 berjalan lancar dan damai di Kalteng.

“Semangat kebersamaan dan semangat untuk menciptakan Pemilu yang adil, bersih, dan damai terus menjadi fokus utama dalam perjalanan menuju masa depan yang lebih baik bagi Kalimantan Tengah,” tegas Budi Santosa. (prokom_rib)