Koordinasi Pengembangan Aplikasi Pertanian Bersama Diskominfo Kobar

MMC Kobar - Senin (07/03), bertempat di Aula Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan (TPHP) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) dilaksanakan rapat koordinasi Pengembangan Aplikasi Identifikasi Potensi Wilayah bersama Tim Diskominfo. Kegiatan rapat dihadiri oleh Sekretaris Dinas TPHP, Kepala Bidang, Jabatan Fungsional Penyuluh dan Jabatan Fungsional Perencana.

Sekretaris Dinas TPHP menjelaskan, pengadaan Aplikasi Identifikasi Potensi Wilayah khususnya dalam bidang pertanian ini dimaksudkan agar pendataan menjadi lebih mudah dan terorganisir sedemikian rupa. “Dan mudah pula untuk diperbaharui bila mana ada perubahan lapangan,” tuturnya.

(Baca Juga : Perbaiki Rambu Roboh, Personel Dishub Kobar Temukan Kendaraan Parkir Sembarangan)

Kepala Bidang Pengelolaan Data Statistik dan Layanan E-government Diskominfo Zeno Hendra Kurniawan saat memaparkan Kerangka Acuan Kerja (KAK) pengolahan Aplikasi Identifikasi Potensi Wilayah mengatakan bahwa harus diadakan verifikasi ulang tentang struktur data dalam pengolahan aplikasinya.

"Saya meminta verifikasi ulang kepada Ibu kepala bidang mengenai mapping struktur data yang akan dituangkan dalam pembuatan aplikasi, agar mudah dipahami dan tidak menjadi aplikasi yang rumit," kata Zeno.

Hasil diskusi rapat mengenai pengolahan aplikasi ini menghasilkan beberapa unsur penting yang perlu diperhatikan, yakni struktur data yang mantap, penetapan waktu pengolahan aplikasi hingga uji coba hingga hasil akhir daripada aplikasi tersebut.

"Ada 2 proses dalam hal ini, pertama pengadaan dan dilanjutkan dengan pengembangan daripada aplikasinya. Kita selaku tim berharap akhir bulan Mei sudah kita adakan pengujian aplikasi. Dan dengan adanya kerjasama yang terorganisir dan materi yang matang dapat dipastikan dalam waktu yang ditentukan aplikasi sudah dapat kita publish," tutup Zeno. (dtphp-kobar)