Komisi Pelaksanaan Akreditasi BAN PAUD & PNF Kalteng Gandeng Dinas Dikbud Kobar Gelar Bimtek Sispena 3.1

MMC Kobar - Dalam rangka mempermudah dan memperlancar proses akreditasi lembaga PAUD dan PNF maka Badan Akreditasi Nasional akan menerapkan Aplikasi Sistem Penilaian Akreditasi (Sispena 3.1). untuk itu pada Selasa (8/6) digelar kegiatan Sosialisasi Sispena 3.1 di Aula Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) yang dihadiri oleh 20 lembaga. Adapun narasumber berasal dari unsur assesor, operator Dapodik Kabupaten Kobar serta Komisi Pelaksanaan Akreditasi BAN PAUD & PNF Provinsi Kalimantan Tengah.

Sispena 3.1 untuk akreditasi lembaga PAUD dan PNF merupakan program baru yang harus disosialisasikan kepada pelaksana akreditasi dan lembaga yang mau mengikuti akreditasi, sehingga lembaga secara mandiri dapat melakukan entri data dan dokumen akreditasi. Berdasarkan dokumen dan data yang telah diupload oleh lembaga ke dalam Aplikasi Sispena 3.1, maka lembaga yang sedang diakreditasi, tim BAP, Assesor dan Pokja dapat mengetahui nilai capaian pemenuhan 8 standar nasional pendidikan yang menjadi unsur penilaian akreditasi lembaga.

Dengan adanya bimbingan dan pendampingan akreditasi Sispena 3.1 yang terintegrasi pada data Dapodik bisa membantu lembaga yang akan mengikuti akreditasi di tahun ini. Selanjutnya sosialisasi akreditasi ini berimbas pada persiapan pemenuhan Standar Nasional Pendidikan (SNP) yang dapat membantu lembaga dalam rangka penjaminan mutu pada satuan PAUD dan PKBM di Kabupaten Kobar.

BAN PAUD dan PNF Provinsi Kalimantan Tengah yang diwakili Komisi KPKA Ros Ermawati, SE.,M.MPd mengucapkan terimakasih dan apresiasi yang tinggi kepada Dinas Pendidikan Kotawaringin Barat yang telah bersama-sama melaksanakan sosialisasi akreditasi tahun 2021.

“Kami sangat berterima kasih kepada tim Dinas Dikbud Kobar yang telah memfasilitasi kegiatan ini dan kami berharap Sispena 3.1 dapat mempercepat, mempermudah, dan memperlancar pelaksanaan akreditasi lembaga PAUD dan PNF Tahun 2021 di Kab Kobar,” tutur Ros. (disdikbud kobar)