Kobar Wakili Provinsi Kalteng Ikuti Verifikasi Lanjutan Penghargaan Kab/Kota Sehat

Pj Bupati Kobar Budi Santosa didampingi Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Ahmad Yadi dan Kepala Dinkes Achmad Rois, menyampaikan paparanya pada Verifikasi Lanjutan Penghargaan Kabupaten/Kota Sehat, Selasa (25/7/2023)

MMC Kobar – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kotawaringin Barat (Kobar) mengikuti verifikasi Lanjutan Penghargaan Kab/Kota Sehat (KKS) oleh Tim Verifikator Pusat, Selasa (25/7). Kegiatan ini dilaksanakan secara daring di Aula Bappedalitbang, Selasa (25/07). 

Kobar merupakan satu-satunya kabupaten dari 14 kab/kota di Provinsi Kalimantan Tengah yang ikut dalam penyelenggaraan kabupaten kota sehat untuk mencapai Swasti Saba Padapa II.

(Baca Juga : Dispar Kobar Gelar Pelatihan Tourism Skil Training)

Pada verifikasi lanjutan ini, Pemkab Kobar dipimpin langsung oleh Penjabat (Pj) Bupati Budi Santosa didampingi Asisten Perekonomian dan Pembangunan Akhmad Yadi, seluruh kepala OPD serta Forum KKS Kabupaten Kobar. Dalam paparannya Budi menyampaikan bahwa untuk mewujudkan KKS, Pemkab Kobar wajib menerapkan pembangunan berwawasan kesehatan, baik lingkungan fisik maupun sosial pada setiap tatanan. 

“Penerapan konsep pembangunan berwawasan kesehatan sebagaimana dimaksud dilaksanakan dengan memperhatikan aspek pemberdayaan, partisipasi masyarakat, kemitraan lintas sektor, dan pembangunan berkelanjutan,” kata Budi.

Kepala OPD dan camat turut hadir pada Verifikasi Lanjutan Penghargaan Kab/Kota Sehat (KKS) oleh Tim Verifikator Pusat secara daring

Lebih lanjut Budi menjelaskan, salah satu prasyarat untuk mengikuti verifikasi Kabupaten/kota sehat adalah desa/kelurahan telah dinyatakan ODF atau Stop BAB Sembarangan (SBS), sehingga desa/kelurahan ODF adalah desa/kelurahan yang 100 persen masyarakatnya telah BAB di jamban sehat. 

Alhamdulilah berkat dukungan dari para stakeholder di setiap level dan upaya pemberdayaan masyarakat akhirnya Kabupaten Kotawaringin Barat berhasil mencapai desa/kelurahan ODF 86,17% atau 81 desa/kelurahan dari 94 desa/kelurahan yang ada,” ujarnya.

Selain itu, Pj Bupati Budi Santosa juga menyampaikan beberapa keberhasilan yang telah dicapai Kabupaten Kobar pada tahun 2021 dan 2022 yang terkait dengan tatanan Kabupaten Kota Sehat, yakni :

  • Peghargaan tingkat nasional dalam Penghargaan Anugerah Desa Wisata mendapat juara 2 di Desa wisata Sei Sekonyer;
  • Penghargaan tingkat nasional dalam Ajang Pesona Indonesia untuk Wisata Tanjung Keluang dan Tanjung Puting;
  • Penghargaan dari BKKBN atas upaya percepatan penurunan stunting di daerah pada forum nasional stunting tahun 2022; dan
  • Penghargaan sebagai Kabupaten Layak Anak tingkat Pratama dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan  Anak pada tahun 2021 dan 2022.

Sementara itu, Ketua 4 Tim Verifikasi KKS Tingkat Pusat Dewi Marlina menyampaikan, berdasarkan hasil verifikasi Kabupaten Kobar sudah baik, namun hanya perlu melengkapi beberapa bukti dukung pada sembilan tatanan yang dilakukan penilaian. 

Menanggapi hal tersebut, Pj Bupati Kobar Budi Santosa menyatakan siap melengkapi seluruh kekurangan data maupun bukti dukung yang diperlukan. (Fnd/Diskominfo Kobar)

Forum KKS Kabupaten Kobar