Kobar Siap Dukung Percepatan Tanam Padi April-September 2020

Kepala Dinas TPHP didampingi Kabid Tanaman Pangan saat mengikuti Rakor LTT Tahun 2020 secara daring pada Selasa (9/6).

MMC Kobar - Dalam rangka mendukung program strategis kementerian pertanian yakni percepatan luas tambah tanam (LTT) padi, Dinas Tanaman Pangan, Hortikulturan dan Perkebunan (TPHP) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) mengikuti rapat koordinasi LTT Padi periode bulan april-september yang diselenggarakan oleh Dinas TPHP Provinsi Kalteng secara virtual melalui video conference (vicon) pada Selasa (9/6).

Rapat koordinasi yang diikuti oleh seluruh Kepala Dinas Pertanian se Provinsi Kalteng bersama Direktur Jenderal Tanaman Pangan ini dilaksanakan untuk mengetahui perkembangan target dan realisasi luas tanam padi dan jagung di masing-masing kabupaten. Hal ini demi menjaga kecukupan stok pangan untuk memenuhi kebutuhan pangan daerah maupun nasional.

(Baca Juga : Cegah Penyebaran Virus Corona, Camat Kumai Imbau Masyarakat Terapkan PHBS)

Kegiatan yang sebenarnya rutin dilakukan, tetapi mengingat masih pandemi Covid-19 sehingga dilakukan melalui vicon. Kepala Dinas TPHP didampingi Kepala Bidang Tanaman Pangan turut mengikuti kegiatan melalui media daring ini di ruang rapat kepala dinas. Dalam penjelasannya Kepala Dinas TPHP, Kamaludin menyampaikan bahwa secara umum di wilayah Kabupaten Kobar mengalami peningkatan LTT. 

"Alhamdulilah untuk Kabupaten Kobar luas tanam ada peningkatan walaupun sedikit ada keterlambatan tanam dikarenakan curah hujan tinggi,” tutur Kamaludin.

Hal ini juga dibenarkan oleh Kepala Bidang Tanaman Pangan, Iskandar, bahwasanya untuk luas tanam musim ini agak sedikit terlambat dari biasanya karena faktor cuaca.

“Petani kita mengalami kesulitan untuk melakukan penyemaian, ini yang jadi kendala sehingga kita mengalami keterlambatan dari biasanya,” tambah Iskandar.

Rapat koordinasi yang dievaluasi langsung oleh Direktur Jenderal Tanaman Pangan dilaksanakan guna mengetahui perkembangan luas tanam padi dan jagung di masing-masing kabupaten. Pada Rapat koordinasi tersebut disimpulkan bahwa secara umum kabupaten di wilayah Provinsi Kalteng untuk musim ini masih mengalami kendala untuk melakukan penanaman khususnya tanaman padi dikarenakan masih tingginya curah hujan. Dan diharapkan untuk musim tanam depan dapat bertambah lagi luasan tambah tanam padi dan jagung dimasing-masing kabupaten.

Sasaran luas tambah tanam padi di wilayah Kobar untuk Tahun 2020 adalah 2.750 ha dengan realisasi tanam Januari s/d Juni 257 ha. Sedang untuk target pada musim tanam April September adalah 1.230 ha, dengan realisasi sampai dengan pertengahan bulan Juni yakni 102 ha. 

Berbagai upaya percepatan luas tambah tanam terus dilakukan Dinas TPHP Kobar melalui para penyuluh pertanian lapangan yang tersebar diseluruh kecamatan di wilayah Kobar dengan memberi motivasi kepada para petani untuk melakukan tanam padi segera setelah panen, membantu petani dalam pengolahan lahan, penanaman, pemupukan, penyiangan sampai pemanenan. Hal ini terus dilakukan guna meningkatkan produktivitas para petani.

Dinas TPHP Kobar terus berupaya menggenjot peningkatan produksi dan produktivitas tanaman pangan di wilayah kobar melalui percepatan LTT sejalan dengan program Kementerian Pertanian. Mengingat Kementerian Pertanian melalui upaya khusus (upsus) telah memberikan berbagai bantuan baik berupa pupuk bersubsidi, benih maupun alat pertanian, guna memudahkan proses pertanian bagi para petani di daerah. (dinas_tphp)