Kobar Juara I Mangenta pada FBIM 2024 di Palangkaraya

Foto Juara I Lomba Mangenta dan Juara Memasak Traditional Harapan II

MMC Kobar - Festival Budaya Isen Mulang (FBIM) 2024 secara resmi ditutup oleh Gubernur Kalimantan Tengah H Sugianto Sabran, di halaman GOR Serbaguna, Kota Palangka Raya, Jum’at (24/5) malam.

Gubernur Sugianto Sabran dalam sambutannya menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada panitia penyelenggara, seniman, peserta dan masyarakat Kalimantan Tengah atas keberhasilan penyelenggaraan FBIM 2024 tersebut.

(Baca Juga : Pemkab Kobar Akan Mulai Terapkan Tanda Tangan Elektronik)

Dikatakannya, selama enam hari digelarnya FBIM, masyarakat Kalimantan Tengah dari berbagai kalangan telah menikmati berbagai sajian hiburan, atraksi seni budaya, perlombaan dan aneka kuliner tradisional yang menarik.

Foto Juara III Tari Pesisir dan Juara Harapan III Tari Pedalaman

“Pelaku budaya telah menyuguhkan karya-karya terbaik yang mengedukasi masyarakat agar peduli dan bangga dengan seni dan budaya Kalimantan Tengah,” ucap Sugianto.

FBIM ini lanjut Gubernur, telah menjadi ajang promosi seni budaya, destinasi wisata dan kuliner khas Kalimantan Tengah. Dan selama berlangsungnya kegiatan ini juga telah mampu menggerakkan roda ekonomi masyarakat dengan meningkatnya transaksi jual beli baik melalui pelaku UMKM maupun pedagang kaki limal.

“FBIM ini setiap tahunnya digelar dan ditingkatkan lagi kualitasnya. Harapannya kabupaten/kota di Kalimantan Tengah agar lebih giat lagi mempersiapkan keikutsertaannya dalam berbagai event budaya termasuk FBIM,” sambungnya.

Adapun hasil Perolehan juara pada nominasi Seni Budaya Kabupaten Kotawaringin Barat :

  1. Juara 1 Mangenta;
  2. Juara III Tari Pesisir;
  3. Juara Harapan III Melamang;
  4. Juara Harapan III Vocal Group Pop Daerah;
  5. Juara Harapan III Tari Pedalaman; dan
  6. Juara Memasak Traditional Harapan II

(KA_Dikbud)