KMP Kalibodri Angkut Ribuan Pemudik Menuju Kendal Jawa Tengah

KMP Kalibodri sesaat sebelum berangkat dari Pelabuhan Penyeberangan Kumai menuju Pelabuhan Kendal Jawa Tengah, Minggu (30/04).

MMC Kobar - Kapal Motor Penyeberangan (KMP) Kalibodri milik PT ASDP Indonesia Ferry yang melayani angkutan penyeberangan orang dan kendaraan dari Pelabuhan Penyeberangan Kumai ke Pelabuhan Kendal ataupun sebaliknya, pada momen angkutan lebaran tahun 2022 ini kembali mengangkut penumpang yang mudik.

Kondisi pandemi Covid-19 sejak dua tahun belakangan ini, Pemerintah melarang adanya aktifitas atau kegiatan mudik lebaran. Namun pada tahun 2022 ini Pemerintah telah mengeluarkan kebijakan untuk melonggarkan agar masyarakat dapat melaksanakan mudik lebaran.

(Baca Juga : Pemkab Kobar Serahkan SK Pengangkatan PPPK Jabatan Fungsional Guru)

Pada momen penyelenggaraan angkutan lebaran tahun 2022 kali ini, para penumpang yang merupakan pemudik memilih untuk mudik dengan menggunakan KMP Kalibodri yang berangkat dari Pelabuhan Penyeberangan Kumai, Minggu (01/05).

Personel UPT Pelabuhan Penyeberangan Kumai Dishub Kobar saat memverifikasi tiket penumpang sebelum naik keatas kapal KMP Kalibodri.

Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pelabuhan Penyeberangan Kumai Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), Didik Widiyanto melaporkan bahwa mulai tanggal 23 April para penumpang mudik tersebut yang diberangkatkan tentunya menyesuaikan kapasitas kapal sehingga ada ratusan calon penumpang ditolak dengan alasan keterbatasan jumlah tiket yang menyesuaikan kapasitas angkut kapal.

"Tercatat mulai tanggal 23, 25, 27, hingga 30 April sudah ribuan penumpang yang berangkat dari Pelabuhan Penyeberangan Kumai dengan menggunakan KMP Kalibodri dengan tujuan Pelabuhan Kendal Jawa Tengah," ujar Didik.

Didik menambahkan, para penumpang yang mudik ke pulau jawa tersebut tidak hanya dari Kobar melainkan dari berbagai daerah di Kalimantan. "Para penumpang tersebut ada yang dari Lamandau, Sukamara, Seruyan, Sampit dan beberapa daerah di Kalimantan Tengah bahkan dari Kalimantan Barat," ungkap Didik. (vgs/dishubkobar)

Personel UPT Pelabuhan Penyeberangan Kumai Dishub Kobar menginput data penumpang KMP. Kalibodri, Minggu (30/04).