KKP dan Pemkab Kobar Kembali Bagikan Bantuan Paket Perikanan

MMC Kobar – Pemerintah dalam hal ini Kementerian Kelautan dan Perikanan melalui Badan Karantina Ikan dan Pengendalian Mutu Hasil Perikanan (BKIPM) kembali melaksanakan kegiatan Bulan Mutu Karantina (BMK) tahun 2021 dengan tema ‘Ikan Sehat Bermutu Untuk Mendukung Pemenuhan Protein Masyarakat Tahun 2021’ yang dilakukan di halaman Kantor Bupati Kotawaringin Barat (Kobar) pada Selasa (04/05).

Bupati Kobar Hj Nurhidayah dalam sambutannya mengucapkan terima kasih pada Kementerian Kelautan dan Perikanan dalam hal ini BKPIM yang telah membantu nelayan, pengolah dan pembudidaya di Kobar.

“Kami berharap mampu menjadi stimulus bagi pelaku usaha perikanan dan juga menjadi pendorong bagi peningkatan kebutuhan gizi dimasyarakat untuk selalu mengkonsumsi ikan,” ujar Hj Nurhidayah.

Melalui program ini, lanjut Hj Nurhidayah, diharapkan bisa menjangkau masyarakat lebih luas dan dengan pelaku usaha perikanan yang terlibat lebih banyak. “Disamping untuk memenuhi asupan gizi masyarakat yang barang tentu akan berpengaruh langsung pada gerak ekonomi pelaku usaha perikanan,” imbuhnya.

Kepala UPT BKIPM, Iromo Wagiman dalam sambutannya mengatakan kegiatan Bulan Bakti BKIPM dilaksanakan rutin setiap tahun di 46 UPT Kantor Karantina. Khusus untuk tahun ini difokuskan pada bantuan masyarakat perikanan yang terdampak pandemi Covid-19, yang meliputi pembudidaya, penampung, supplier, pengolah dan pemasar hasil perikanan yang ada di Kobar.

“Bulan Mutu Karantina 2021 merupakan program yang bertujuan untuk mendorong kebutuhan protein masyarakat di tengah pandemi Covid-19. Selain itu, melalui program ini diharapkan muncul kesadaran dan pemahaman masyarakat akan pentingnya perkarantinaan ikan, pengendalian mutu dan keamanan hasil perikanan serta keamanan hayati ikan,” ujar Iromo.

Pada akhir sambutannya, Kepala UPT BKIPM mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Kobar, khususnya Bupati dan Dinas Perikanan Kobar yang telah membantu pihaknya sehingga kegiatan ini dapat terlaksana.

Untuk Kabupaten Kobar sendiri mendapatkan paket sebanyak 1.000 paket yang terdiri dari ikan nila, ikan lele, ikan patin, ikan layang, ikan tongkol, ikan kering asin dan kerupuk yang akan dibagikan kepada sejumlah pesantran dan desa stunting yang ada di Kabupaten Kobar.

Pada akhir kegiatan, Bupati yang didampingi Kepala BKIPM KKP, Kepala UPT BBKIPM, Sekda, Asisten Pemerintahan dan Kesra serta Kepala Dinas Perikanan melepas secara simbolis keberangkatan mobil berpendingin yang mengangkut paket bantuan perikanan. (nita&razak/diskan kobar)