Ketika Warga Bandung Semarakkan Fun Bike Jelang Asian Games 2018

Bandung, Kominfo - Sejumlah warga Bandung dan Sivitas dan Alumni Universitas Padjadjaran Bandung ikut memeriahkan persiapan event olah raga Asian Games 2018. 

"Sebagai salah satu tuan rumah yang akan mempertandingkan lima cabang olah raga pada ajang Asian Games 2018, seluruh elemen baik pemerintah, masyarakat,, juga pelajar kota Bandung menyatakan siap mendukung dan mensukseskan perhelatan akbar se-Asia tersebut khususnya di Jawa Barat," ajak Rektor Universitas Padjadjaran Tri Hanggono Achmad dalam Padjajaran Fun Bike di Bandung, Sabtu (14/07/2018). 

(Baca Juga : FGD Pembentukan SOTK RSSI Pangkalan Bun)

Menurut Rektor Unpad, kegiatan ini diharapkan dapat membawa kegembiraan dan menjadikan masyarakat lebih sehat. "Unpad hari ini sangat bergembira bahwa kembali hari ini kita mengadakan kegiatan yang bisa memberikan kegembiraan, namanya Fun Bike, karena masyarakat harus gembira bisa sehat atau sehat bisa gembira," jelasnya. 

Dalam sambutan sebelum Fun Bike dimulai, Rektir Tri Hanggono mendorong setiap peserta untuk turut mengelorakan semangat dan mendukug suksesnya perhelatan Asian Games.  "Secara khusus dua minggu berturut-turut kita memberikan dukungan pada Indonesia dalam penyelenggaraan Asian Games bulan depan, maka dengan kegiatan ini kami juga berharap kita semua dapat membagi semangat yang kita gelorakan hari ini bisa mendorong kita semua memberikan semangat bagi suksesnya negara kita menggaungkan publikasi Asian Games nanti. Mari kita semua memberikan dukungan secara kuat,” ujarnya.

Ajak Gunakan Aplikasi Duta Suporter Indonesia

Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk membantu dan mendukung atlet Indonesia yang akan bertanding dalam ajang Asian Games 2018. 

"Sekali lagi, kita dukung Indonesia sebagai tuan rumah Asian Games 2018, karena bukan hanya Jakarta dan Palembang, tapi justru banyak venue yang akan digunakan di Jawa Barat," katanya 

Menurut Menteri Kominfo menilai Asian Games 2018 sebagai sebuah kegiatan penting untuk seluruh masyarakat Indonesia. "Kominfo melakukan banyak kegiatan untuk mempromosikan Asian Games 2018, salah satu bentuk dukungan juga bisa dilakukan melalui aplikasi Duta Suporter Indonesia.  Selama beberapa hari kedepan program ini berjalan, aplikasi dapat diunduh dan publik dapat melakukan registrasi mencalonkan dirinya sebagai calon duta suporter dari provinsinya masing-masing," jelasnya.

Aplikasi Duta Suporter Indonesia yang digagas Menteri Kominfo dilatari ide untuk melibatkan seluruh masyarakat Indonesia. "Sehingga Asian Games bukan saja hanya dimiliki oleh masyarakat dari Jakarta dan Palembang dimana Asian Games akan dilaksanakan tapi juga dimiliki oleh masyarakat dari 34 provinsi Indonesia," tambahya.

Selama masa program, para calon duta akan mendapatkan tugas-tugas yang berhubungan dengan Asian Games dan daerahnya, dimana masing-masing tugas ini nanti akan dapat dipilih (vote). Di akhir program, duta terpilih dengan vote terbanyak di masing-masing provinsi, 68 orang, 1 pria dan 1 wanita dari 34 provinsi, akan mendapatkan undangan untuk bersama menghadiri acara pembukaan Asian Games 2018 di Jakarta.

Usai mengibarkan bendera start Padjajaran Fun Bike, Menteri Rudiantara mendekati dan menyapa salah satu peserta berusia lanjut. Menteri kagum dengan semangat sang Bapak untuk bersepeda dan mengaitkan dengan cincin warna hijau yang dikenakanya. “Wah Bapak hebat ya, maih semangat naik sepeda. Apa rahasianya? Coba saya lihat jarinya, ini pasti jimatnya ya,” candanya.

Event besutan Ikatan Alumni Universitas Padjadjaran (IKA UNPAD) diiisi juga dengan pemeriksaan kesehatan gigi dan jantung, donor darah, bakti sosial, dan bazar. Kegiatan itu juga dihadiri Kepala Bidang Pemasaran Area I Kementerian Pariwisata, Wawan Gunawan, Ketua pelaksana kegiatan Ari Wibowo, Sekretaris Daerah Pemkot Bandung, Calon Walikota Bandung, Juara I dan 2 Puteri Indonesia untuk Jawa Barat, serta para goweser yang turut memeriahkan Padjajaran Fun Bike 2018. (HM.YS)