Kesbangpol, FPK dan FKUB Kobar Gelar Sosialiasi Bersama di Pangkalan Lada

Kaban Kesbangpol Kobar H. Mudelan, S.Sos (berdiri) dan para narasumber (duduk) saat pembukaan Sosialisasi FPK dan FKUB, Rabu (10/7/2019) di Aula Kantor Kec. Pangkalan Lada. (rakhman/kesbangpol)

MMC Kobar – Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) menggelar Sosialisasi Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) dan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) dalam rangka Memelihara Kerukunan Umat Beragama dan Etnis di Kabupaten Kobar Tahun 2019 yang bertempat di Aula Kantor Kecamatan Pangkalan Lada, Rabu (10/7). Peserta yang hadir berasal dari unsur Pemuka Agama, Kepala Desa dan Tokoh Masyarakat Kecamatan Pangkalan Lada sebanyak 50 orang.

Kepala Badan Kesbangpol Kobar, H. Mudelan, S.Sos mengatakan bahwa dengan diadakannya  sosialisasi ini diharapkan dapat menambah wawasan sehingga dapat mengoptimalkan pengembangan dan pelaksanaan nilai kesadaran berbangsa dan bernegara yang berlandaskan pembauran dan kerukunan diantara umat beragama, nilai Pancasila, UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945, Bhineka Tunggal Ika dan NKRI, hendaknya terjalin toleransi yang kuat sehingga adat dan budaya di Kobar dapat terjaga.

(Baca Juga : Kaji Banding Pengelolaan Parkir RS, Dishub Kobar Kunjungi RSUD dan Dishub Kota Surabaya)

“Dengan adanya FPK dan FKUB di Kobar ini diharapkan dapat menciptakan iklim kondusif yang memungkinkan adanya perubahan sikap agar menerima kemajemukan masyarakat dalam wadah NKRI dan  kedua forum ini dapat  menjadi mitra pemerintah dalam pembinaan dan melaksanakan kegiatan pembauran kebangsaan dan kerukunan umat beragama di kalangan masyarakat,” kata Mudelan.

“Kegiatan ini dapat menciptakan ide-ide baru dalam rangka memperkokoh  rasa persatuan dan kesatuan bangsa melalui FPK dan FKUB pada khususnya dan peranan masyarakat dalam  pembangunan pada umumnya,” lanjut Mudelan.

Sosialisasi FPK dan FKUB juga dihadiri oleh Camat Pangkalan Lada, Roby Setiawan, S.STP, dengan narasumber dari FPK Kobar, Drs. H. Sukirman, Ketua FKUB Kobar, Drs. H. Abdul Kadir, dan Wakil Ketua I FKUB Kobar, Pdt. Menanti Sitorus, S.Th. (rakhman/kesbangpol)