Kepala Dispursip Kobar Serahkan Sertifikat Akreditasi Perpustakaan kepada SMPN 1 Arut Selatan 

Kepala Dispursip Kobar M.Rosihan Pribadi menyerahkan Sertifikat Akreditasi Perpustakaan kepada Kepala Sekolah SMPN 1 Arut Selatan Sony Yardawaty, Selasa (31/1/2023)

MMC Kobar - Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispursip) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) terus meningkatkan kualitas perpustakaan sekolah yang ada di Kotawaringin Barat. Salah satunya adalah mengikutkan perpustakaan sekolah pada program akreditasi perpustakaan. 

Akreditasi perpustakaan merupakan rangkaian kegiatan proses pengakuan formal oleh lembaga akreditasi perpustakaan yang menyatakan bahwa lembaga perpustakaan telah memenuhi persyaratan untuk melakukan kegiatan pengelolaan perpustakaan.

(Baca Juga : MTQ ke-53 Tingkat Kabupaten Kobar Resmi Dibuka oleh Pj Bupati)

Dan di awal tahun 2023 ini, salah satu perpustakaan sekolah di Kobar yakni Perpustakaan SMPN 1 Arut Selatan berhasil mendapatkan akreditasi. Sertifikat akreditasi tersebut diserahkan langsung oleh Kepala Dispursip Kobar M.Rosihan Pribadi kepada Kepala Sekolah SMPN 1 Arut Selatan Sony Yardawaty di ruang kerja kepala dinas, Selasa (31/1).

Dalam kesempatan tersebut, Rosihan berpesan agar SMPN 1 Arut Selatan turut mensosialiasikan dan membantu SMP yang lain agar berminat mengikuti akreditasi perpustakaan.

“Sehingga semakin banyak perpustakaan sekolah di Kobar yang berstandar nasional,” ujar Rosihan.

Rosihan mengungkapkan, sejak tahun 2021 Dispursip Kobar telah mensosialisaikan dan mendorong perpustakaan sekolah yang ada di Kobar untuk mengikuti akreditasi perpustakaan. 

“Selain SMPN1 Arsel, beberapa perpustakaan sekolah yang telah mendapatkan predikat akreditasi diantaranya SMKN 1 Pangkalan Bun dan SMAN 1 Kotawaringin Lama,” ungkap Rosihan.

Sementara itu, Kabid Pembinaan Perpustakaan dan Pembudayaan Kegemaran Membaca (P3KM) Dispursip Kobar Aldrin menuturkan, pada tahun 2023 ini Dispursip Kobar akan lebih gencar melakukan sosialisasi dan pendampingan terhadap perpustakaan sekolah yang ada di Kobar untuk mengikuti akreditasi.

“Harapannya sekolah SMP/MTs maupun SMA/SMK/MA yang terakreditasi akan semakin bertambah,” harap Aldrin. (dispursip kobar)