Kembali Koordinasi Mitigasi dan Sosialisasi, BPBD Kunjungi Kecamatan Pangkalan Lada

TRC-BPBD berdiskusi bersama Perangkat Kecamatan Pangkalan Lada pada Senin (21/2) kemarin

MMC Kobar - Kegiatan mitigasi bencana masih terus dilakukan Badan Penanggulangan Bendcana Daerah (BPBD) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) dalam rangka pencegahan dan kesiapsiagaan. Pada Senin (21/2), BPBD Kobar melaksanakan kembali giat pemantauan lokasi rawan bencana di beberapa daerah di Kobar.

Personil Tim Reaksi Cepat (TRC) wanita bersama petugas fungsional kebencanaan dan analis kali ini mengunjungi desa-desa di Kecamatan Pangkalan Lada untuk memantau serta berkoordinasi dengan pihak perangkat desa dan kecamatan. "Kali ini penugasan mitigasi bencana diarahkan mengunjungi wilayah Desa Purbasari, Pangakalan Dewa, Pandu Sanjaya, Pangkalan Tiga, dan Kantor Kecamatan Pangkalan Lada," ungkap Kalaksa BPBD Kotawaringin barat melalui Koordinator Regu II TRC yang juga Analis Kebencanaan Andan Santana.

(Baca Juga : Pemkab Kobar Raih Opini WTP dari BPK untuk Kesepuluh Kalinya Berturut-turut)

Seperti sebelumnya, Andan mengungkapkan hasil diskusi dengan pihak desa dan kecamatan merujuk kepada pembuatan satu jalur koordinasi informasi untuk kemudahan bagi tiap desa dan kelurahan. "Kami buat satu wadah melalui aplikasi grup kesiapsiagaan dan pencegahan penanggulangan bencana. Jadi semua informasi kebencanaan akan bisa disebar lebih cepat," imbuhnya

Personil TRC BPBD membagikan pamflet dalam rangka sosialisasi kebencanaan kepada warga sekitar Senin (21/2) kemarin

Tidak cukup sebatas koordinasi, personil juga melakukan sosialisasi kepada warga sekitar. "Kami ke lingkungan masyarakat sekitar untuk mensosialisasikan tentang antisipasi serta kesiapsiagaan terhadap bencana," ujar salah satu personil TRC Rustatie. Upaya ini mendapat apresiasi dari tiap desa dan kelurahan bahkan warga yang di kunjungi.

"Harapannya upaya mitigasi dan pencegahan dini ini bisa memberikan edukasi kepada masyarakat, serta menjadi pelayanan prima dari BPBD Kobar. Kegiatan ini akan kami lanjutkan di beberapa kecamatan lain kembali," pungkasnya. (bpbd kobar)

Tim TRC BPBD foto bersama usai koordinasi dengan perangkat Kecamatan Pangkalan Lada Senin (21/2)