Kampanye Keselamatan Angkutan Air, Kepala BPTD Wilayah XVI Kalteng Bagikan Life Jacket Gratis

Kepala BPTD wilayah XVI Kalimantan Tengah Drs. Sulistyo Susanto, M. Si dan Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Kobar beserta jajarannya membagikan life jacket, Kamis (23/05). (humas dishub kobar)

MMC Kobar -  Kepala Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) wilayah XVI Kalimantan Tengah Drs. Sulistyo Susanto, M. Si membagikan sejumlah life jacket kepada juru mudi klotok & speed boat di Dermaga Pasar Cempaka Kumai, Kamis (23/05).

Pembagian life jacket tersebut guna meningkatkan kesadaran penyelenggara transportasi sungai atau penyeberangan terhadap keselamatan penumpang pada transportasi penyeberangan di daerah. Dengan diberikannya life jacket ini diharapkan operator dapat bertanggung jawab atas keselamatan penumpang.

(Baca Juga : Persiapkan Bentuk Tim Uji Kompetensi Jabatan Funsgional Tenaga Kesehatan, Dinkes Kobar Rakor bersama Organisasi Profesi)

“Perlengkapan keselamatan ini seringkali diabaikan di berbagai daerah. Dengan kata lain pengelola sering mengabaikan pentingnya aspek keselamatan. Sering kali dengan berbagai alasan seperti pengelola tidak mampu membeli jaket keselamatan sehingga hal tersebut dianggap enteng,” ujar Sulistyo.

Life jacket diberikan secara gratis kepada juru mudi klotok dan speed boat. Dengan harapan agar para juru mudi selalu memakai life jacket dan melakukan ramp check pada kapal secara berkala agar kapal yang digunakan selalu siap dan terhindar dari hal – hal yang tidak diinginkan.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Kotawaringin Barat, Drs. Hermon M.Si berharap kepada pemerintah pusat agar dapat membantu transportasi penyeberangan sungai dengan menggunakan perahu yang layak dan sesuai dengan standar keselamatan bukan dengan menggunakan perahu tradisional. (humas dishub kobar)