Kaji Banding Inovasi Sida Kam Kobar, Disdukcapil Kota Palangka Raya Kunjungi Disdukcapil Kobar

MMC Kobar - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kotawaringin Barat (Disdukcapil Kobar) mendapat kunjungan dari Disdukcapil Kota Palangkaraya pada Jumat (25/06). Kunjungan itu dilakukan untuk mempelajari inovasi Sida Kam milik Disdukcapil Kobar yang masuk 15 Besar Inovasi Pelayanan Publik oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia (Kemenpan RI).

Dalam kunjungan ini, rombongan Disdukcapil Palangkaraya diterima langsung oleh Kepala Disdukcapil Kobar bersama sejumlah pejabat di Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk, Bidang Pencatatan Sipil, Bidang Pengelolaan Data dan Inovasi Publik dan Bidang Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan.

"Alhamdulillah Inovasi Sida Kam kami masuk di jajaran 15 besar se-Indonesia dengan kualifikasi inovasi replikasi. Dan kami sedang mempersiapkan untuk memperebutkan posisi 5 besar," ujar Kadisdukcapil Kobar H. Gusti M. Imansyah.

Gusti Imansyah menjelaskan bahwa Inovasi Sida Kam (Silahkan Datang Kami Melayani) adalah inovasi kerjasama online antara Pemerintahan Desa (Pemdes) yang ada di Kabupaten Kobar. Kerjasama ini melibatkan pihak desa yang mengajukan berkas permohonan milik warga desa tersebut melalui aplikasi online yang telah di siapkan oleh Disdukcapil Kobar.

"Selama masa pandemi ini, inovasi ini dapat membantu mengurangi penumpukan warga ke Kantor Disdukcapil, karena warga cukup datang ke desa masing-masing dan menyerahkan berkas permohonannya. Dan setelah diproses oleh pemdes dan permohonan tersebut dinyatakan lengkap oleh Disdukcapil Kobar, maka dokumen yang sudah selesai diproses akan diserahkan ke pemdes yang nanti akan diserahkan ke warganya masing-masing," terangnya.

Sementara itu Ketua Rombongan Disdukcapil Palangkaraya, Kepala Bidang Pendaftaran Penduduk, Lukmanul Hakim, mengungkapkan bahwa dirinya beserta rombongan merasa senang berkunjung ke Disdukcapil Kobar yang telah memberikan sambutan hangat, ramah dan menyenangkan.

"Sebelumnya kami ucapkan selamat kepada Disdukcapil Kobar yang inovasinya bisa masuk ke 15 besar se-Indonesia. Dan Kami harapkan inovasi ini bisa kami pelajari dan bisa kami terapkan di Disdukcapil Kota Palangkaraya," ucapnya. (disdukcapil kobar)