Kabupaten Kobar Raih Juara Umum PEDA XIII Tahun 2023

MMC Kobar - Jumat (24/11) kegiatan Pekan Daerah (PEDA) Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) XIII yang digelar di Taman Permata Sukma Desa Natai Sedawak Kabupaten Sukamara berakhir sudah. Kegiatan yang diikut serta oleh 14 kabupaten se-Provinsi Kalimantan Tengah ini resmi ditutup pada pukul 14.00 wib oleh PJ Bupati Sukamara H. Kaspinor.

Kaspinor menerangkan bahwa kegiatan PEDA bisa sebagai jembatan penghubung antar kabupaten, dimana disini bisa saling bertukar informasi mengenai teknologi serta berdiskusi bersama guna memajukan pertanian di Provinsi Kalimantan Tengah. 

(Baca Juga : Pj Bupati Kobar Ajak Masyarakat Rutin Berolahraga untuk Jaga Kesehatan dan Kebugaran)

"Dengan saling bertukar informasi tentang teknologi pertanian, pemasaran diharapkan mampu meningkatkan kesejahteraan petani dan mewujudkan kedaulatan pangan," kata Kaspinor.

“Kedepan diharapkan generasi muda di Kalimantan tengah ini berbondong-bondong terjun ke sektor pertanian agar memajukan pertanian yang ada diprovinsi ini. Keterlibatan kaum milenial dalam pembangunan dari sektor pertanian sangat diharapkan guna meregenerasi dan mewujudkan pertanian berkelanjutan,” imbuh Kaspinor.

Dalam kegiatan ini Kabupaten Kotawaringin Barat Keluar sebagai juara Umum yang mana piala penghargaan langsung diserahkan oleh PJ Bupati Sukamara kepada perwakilan Kabupaten Kobar Wakil Ketua II DPRD Bambang Suherman didampingi Ketua umum KTNA Kabupaten Kobar Syahrian.

"Kami mewakili Kontingen Kabupaten Kotawaringin barat merasa senang dan bangga bisa menjadi juara umum dalam kegiatan bergengsi seprovinsi kalimantan tengah ini. Mudahan kedepan kami bisa terus mempertahankan kemenangan ini dan pertanian dalam arti luas di Provinsi Kalimantan Tengah ini semakin maju dan bisa mewujudkan swasembada pangan suatu saat nanti,"  ujar Bambang Suherman.

Dalam kegiatan ini, Kabupaten Kobar juga banyak memenangkan lomba, antara lain lomba memilih jenis kelamin ikan lele, lomba memilih jenis kelamin DOD, lomba merangkai buah dan sayur, dan lomba karya penyuluh.